Tergoda Gurihnya Mi Celor

VIVAnews - Bagi Anda yang ingin menikmati kuliner khas Palembang, tak perlu jauh-jauh ke daerah asalnya. Hidangan berkuah ini bisa Anda nikmati di Jakarta. Dalam bahasa Palembang mi celor artinya, mi yang diseduh.

Di balik namanya yang unik, ternyata mi celor memiliki rasa yang nikmat dan menggugah selera. Apalagi, jika dihidangkan bersama telur rebus dan sambal goreng. Kenikmatannya pasti akan membuat Anda ketagihan. Jika ingin menikmatinya, datang saja ke Warung Palembang di Jalan Letjen Soeprapto No 42, Jakarta Pusat.

Rina (35), pemilik Warung Palembang mengaku, mi celor layaknya mi kocok, yang dalam proses pembuatannya menggunakan mi kuning atau mi Jawa. Saat proses pembuatannya, Rina mengaku menghindari perebusan terhadap mi celor-nya. “Kita menghindari dari perebusan agar mi-nya tidak terlalu lembek. Cukup diseduh dengan cara dikocok,” kata Rina, seperti yang dikutip dari situs Berita Jakarta.

Dilihat secara fisik, mi celor memang berbeda dari mi seduh pada umumnya. Pada mi celor, kuahnya menggunakan santan kelapa yang dicampur kaldu dari udang galah sehingga agak kental. Saat penyajiannya, di atas adonan mi pun diberikan taburan tauge, bawang goreng, dan daun bawang. Untuk menambah kelezatannya, mi celor disajikan bersama telur rebus.

Mi celor begitu nikmat disantap. Rasa udang galahnya pun begitu terasa saat mencicipi kuah mi celor yang agak kental. Maka tak heran, jika satu porsi mi celor, dirasa kurang cukup.

Karena kelezatannya itulah yang membuat warung makan milik Rina ini selalu dipenuhi pelanggan. Tak hanya orang Palembang yang ada di Jakarta yang datang, melainkan masyarakat sekitar turut memuji menu masakan mi celornya. Untuk satu porsi mi celor, Rina mematok harga sebesar Rp 8.000 rupiah.

Selain mi celor, menu utama lain yang ditawarkan di warung yang jam bukanya sejak pukul 9 pagi hinngga 9 malam ini  adalah pempek. Untuk pempek kecil harganya Rp 3.000, sedangkan pempek besar Rp 10.000. Sedangkan pindang terdiri 4 macam, yakni pindang ikan patin harganya Rp 10.000, pindang udang galah Rp 15.000, pindang ayam kampung Rp 10.000, dan pindang tulang iga sapi Rp 18.000. Tertarik mencoba?

Direstui Surya Paloh untuk Maju Pilkada DKI 2024, Anies Baswedan Bilang Begini
Verrell Bramasta

Verrell Bramasta Pamer Momen Liburan ke Jepang, Boyong Ibunda Usai Lebaran

Tidak hanya itu, selama liburan Verrell Bramasta menunjukan sikap mandiri yang tidak ingin mengandalkan bantuan orang lain. Seperti, yang tertangkap kamera baru-baru ini.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024