Gunung Baru Jari Semburkan Asap 800 Meter

VIVAnews - Gunung Baru Jari kembali menyemburkan asap tebal berwarna cokelat setinggi 800 meter.

Meningkatnya aktivitas Gunung Baru Jari itu terjadi sejak sebulan terakhir. Namun sejak dinihari tadi terjadi 10 kali letusan dengan kekuatan tinggi.

Menurut Kepala Pos Pengamatan Gunung Rinjani Mutaharlin asap tebal yang membumbung tinggi tersebut terbawa angin yang condong ke utara dan timur.

"Tidak ada pengungsian karena letusan terjadi disekitar kaldera,"kata Mutaharlin kepada VIVAnews melalui telepon genggamnya, Selasa 30 Maret 2010.

Selain mengakibatkan letusan berkekuatan tinggi, Gunung Anak Barujari tersebut juga menimbulkan tekanan gas yang tinggi sehingga berbahaya bagi pendaki.

Maka itu pihaknya sudah berkoordinasi dengan semua pihak untuk mewaspadai peningkatan aktivitas Gunung tersebut. Sementara ini kedua pintu pendakian menuju Gunung Rinjani baik di Sembalun maupun di Senaru masih tetap dibuka. Namun proses pendakian hanya dapat dilakukan hingga Pelawangan dan tidak diperbolehkan mendekati Danau Segaranak.

Gunung Barujari setinggi 2.376 meter di atas permukaan laut tersebut menimbulkan gempa tremor maksimal lima kali sehari dengan tingkat amplitudo maksimal mencapai 42. Mutaharlin menyatakan pihaknya belum berani menurunkan status Gunung Barujari mengingat periode letusan terjadi terus menerus.

Gunung Barujari pernah  meletus pada awal Mei 2009 lalu. Gunung tersebut diketahui sudah beberapa kali meletus. Bahkan pada tahun 1994 letusan Gunung itu menimbulkan lava di danau Segara Anak.

Sedangkan tahun 1966 kembali terjadi letusan yang berpusat di Gunung Barujari kearah selatan. "Sementara ini kami terus memantau aktivitas Gunung Barujari. Kami belum dapat mengaktif  normalkan status Gunung ini demi keselamatan pengunjung dan warga sekitar," ujar Mutaharlin.

Laporan: Edy Gustan| Mataram
 

431 Kerbau di OKI Sumsel Mati Mendadak, Ini Penyebabnya
Bus Rosalia Indah mengalami kecelakaan di ruas Tol Semarang-Batang.

Korban Meninggal Kecelakaan Bus Rosalia Indah Bertambah Satu Orang, Ini Identitasnya

Bus mengalami kecelakaan di ruas jalan Tol Batang-Semarang.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024