NASIONAL

11 Bencana Alam Berpotensi Terjadi di NTB

NTB adalah provinsi ketiga setelah Jateng dan Jatim yang memiliki tim reaksi cepat.
Selasa, 13 April 2010
Oleh : Elin Yunita Kristanti
Simulasi Bencana Tsunami dan Kebakaran

VIVAnews - Wilayah Nusa Tenggara Barat tak aman dari ancaman bencana alam.

Terhitung 11 potensi bencana yang perlu diwaspadai di wilayah ini, di antaranya, gempa bumi, banjir bandang, gelombang pasang, kekeringan dan kebakaran.

Staf Ahli Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB H Yosef mengatakan telah membentuk tim reaksi cepat untuk menangani masalah bencana di NTB.

"Dari 16 jenis bencana 11 diantaranya berpotensi terjadi di NTB. Maka itu dibentuk tim reaksi cepat untuk menangani masalah tersebut," kata H Yosef kepada wartawan disela latihan tim reaksi cepat penanggulangan bencana di Mataram Selasa 13 April 2010.

Latihan penanggulangan bencana seperti gelombang pasang, banjir bandang dan banjir dilakukan di Pantai Tanjung Karang Mataram. BPBD NTB mengerahkan 30 orang personil yang terdiri dari TNI, Kepolisian, Dinas Sosial, Kesehatan, PMI, Pemadam Kebakaran, Pol PP dan SAR.

Latihan yang berlangsung selama empat hari itu dimaksudkan untuk memantapkan penanggulangan evakuasi korban bencana alam terutama banjir bandang dan gelombang pasang. Dalam latihan tersebut BPBD NTB mencoba peralatan bantuan pusat seperti tiga unit perahu karet.

Lebih lanjut Yosef mengatakan NTB adalah provinsi ketiga setelah Jawa Tengah dan Jawa Timur yang memiliki tim reaksi cepat.  Latihan penanggulangan bencana tersebut merupakan salah satu upaya sosialisasi keberadaan tim reaksi cepat tersebut.

"Kami berupaya semaksimal mungkin melatih tim untuk dapat berfikir lebih cepat untuk dapat mengevakuasi korban bencana," ujarnya.

Sementara itu Komandan latihan tim reaksi cepat BPBD NTB Letda Ario Martimbang menyatakan pelatihan penanganan korban bencana tersebut akan terus dilakukan untuk memperoleh personil yang handal.

Tahap awal pelatihan tersebut diarahkan agar tim dapat mengetahui dengan cepat apa yang harus dilakukan pada saat bencana terjadi.

Sementara ini petugas dikenalkan pada managemen penyelamatan korban banjir bandang dan gelombang pasang.

Laporan: Edy Gustan|NTB

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found