Kebakaran Masih Intai Jalan Raya Porong

Jalan Tol pengganti tol Porong-Gempol yang terkena lumpur
Sumber :
  • Antara/ Eric Ireng

SURABAYA POST - Polres Sidoarjo dan Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo mengimbau pengguna jalan arteri Porong agar mematuhi larangan merokok.

Medco Energi Resmi Divestasi Seluruh Sahamnya di Ophir Vietnam Block 12W B.V

Papan larangan itu masih terpasang hingga Kamis, 22 April 2010, pagi di sekitar titik lokasi munculnya gelembung gas) Yakni di tugu kuning dan sekitar 75 meter sebelah selatannya.

Kasatlantas Polres Sidoarjo AKP Ahrie Sonta mengatakan bahaya kebakaran masih mengintai di jalan raya Porong. "Gelembung gas yang muncul ke permukaan, tambah banyak. Kami belum berani menyatakan kawasan itu sepenuhnya aman," ujarnya.

Deputi Bidang Operasional BPLS (Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo) M. Soffian Hadi mendukung pernyataan Ahrie. Geolog dari UPN Jogjakarta itu menegaskan, kawasan jalan arteri Porong masih dalam pengawasan dalam dua minggu terakhir.

"Memang, monitoring terakhir, (tingkat bahayanya) ada penurunan. Tapi kami belum tahu pasti, bagaimana trennya ke depan," ujarnya.

Gelembung gas yang muncul ke permukaan sebenarnya adalah semburan gas metan yang berasal dari kedalaman sekitar 800-1.500 meter di bawah permukaan bumi.

Gas metan itu kadarnya 50 persen LEL (Low Explosive Limit) sangat mudah terbakar. Cukup disulut dengan korek api, percikan api, atau bara api puntung rokok, bubble-bubble yang menyemburkan gas metan itu bisa berkobar.

Gas metan yang menyembur ke permukaan itu, kadarnya fluktuatif. Sewaktu-waktu bisa meningkat drastis. "Kami menyiagakan tim untuk memantau gas. Sewaktu-waktu, bisa kami tutup total. Tapi kami harap warga bisa menggunakan jalur alternatif supaya jalan arteri Porong tidak berlebihan bebannya," tandas Soffian.

Sebelumnya, Kasubpokja Pemantauan Geohazard BPLS, Riko Aditya, mengungkapkan intensitas gas mudah terbakar atau LEL (Low Explosive Limit) masih naik turun tak menentu.

"Kadang rendah, kadang juga tinggi. Jeda fluktuasinya juga sangat singkat. Katakan sekarang kita pantau masih sekitar 30 persen, tapi sejam kemudian bisa meningkat drastis sampai over limit (lebih dari 100 persen)," tuturnya. (mt)

Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim

Laporan: Satrio Eko

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Pengakuan Erick Thohir dan PSSI soal Kinerja Shin Tae-yong

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan pihaknya puas dengan kinerja Shin Tae-yong selama melatih Timnas Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024