Polri Masih Yakin Jaksa Terlibat Kasus Gayus

Gayus Tambunan Tiba di Mabes Polri
Sumber :
  • VIVAnews/ Anhari Lubis

VIVAnews - Kejaksaan Agung menyatakan tak ada aliran uang dari Gayus Tambunan kepada para jaksa yang menangani perkara penggelapan dan pencucian uang yang dilakukan oleh pegawai Ditjen Pajak tersebut.

Meski demikian, Mabes Polri masih yakin jaksa yang menangani perkara Gayus terlibat dalam rekayasa kasus Gayus.

"Bukan hanya Polri, kan Bapak Jaksa pun mengatakan baunya ada," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Inspektur Jenderal Polisi Edward Aritonang di Mabes Polri, Jakarta, Kamis 19 April 2010.

"Tapi ya itu, mungkin itu sebagai indikasi tapi bisa saja itu nanti hasilnya berbeda. Tapi dari indikasi itu lah kami bekerja," kata dia.

Sebelumnya, Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Didiek Darmanto mengatakan tidak ditemukan aliran uang dari Gayus kepada para jaksa yang menangani perkara tersebut. "Tetapi dari laporan lisan, tidak ditemukan adanya aliran dana ke jaksa," kata Didiek kemarin.

Terkait pernyataan Didiek tersebut, Edward mengatakan tak akan mencampuri pernyataan itu. Menurut dia, bisa saja pernyataan itu berasal dari keterangan Cirus Sinaga yang telah diperiksa Polri. Namun demikian, dia menegaskan bahwa pemeriksaan penyidik belum selesai.

"Penyidik juga kan belum berhenti untuk menyatakan (terlibat) atau tidak. Dalam arti sumber dan keterangan itu kan bisa didapat dari berbagai keterangan saksi," kata dia.

Berarti pemeriksaan penyidik bisa berbeda dengan keterangan Didiek Dharmanto? "Bisa saja, kan (pemeriksaan) belum selesai," tegas Edward.

Jadi, apakah pernyataan Didiek itu mendahului para penyidik? "Saya tidak mencampuri itu. Dalam situasi apa itu disampaikan. Tapi pemeriksaan yang kita lakukan kemarin baru sebagai saksi. Ini sedang di analisa oleh tim untuk melihat apakah begitu adanya atau ada perbedaan-perbedaan dari keterangan saksi yang sudah kita periksa sebelumnya atau alat-alat bukti yang sudah ada di penyidik," kata Edward. (umi)

Terpopuler: Pengemudi Fortuner Pelat Dinas TNI Ditangkap, Negara yang jadi Medan Perang Dunia III
Rossa

Hal Ini Buat Rossa Disangka Segera Nikah

Sayangnya, Rossa tidak memberikan klarifikasi lebih lanjut terkait makna sebenarnya dari caption tersebut.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024