Pembangunan Stadion Bangkalan Tertunda

FIFA09-Stadion
Sumber :
  • electronicarts.co.uk

SURABAYA POST - Pembangunan Stadion Bangkalan terancam mangkrak, karena dana dari APBD Bangkalan tidak cukup untuk membiayai stadion bertaraf nasional yang didesain seperti Stadion Gelora Delta Sidoarjo itu.

Kini, kelanjutan pembangunan proyek yang membutuhkan tambahan Rp 60 miliar itu menggantungkan uluran dana dari Pemprov Jatim dan pemerintah pusat.

"Untuk kelanjutan pembangunan stadion ini, kami berharap dana dari pemprov dan pusat. Sebab, tidak mungkin lagi proyek itu mengandalkan APBD Bangkalan," kata Kepala Dinas Cipta Karya Bangkalan Chairul Saleh, Selasa siang, saat mendampingi Komisi C DPRD Bangkalan mengunjungi stadion yang belum jadi tersebut.

Stadion yang akan menampung 12.000 penonton ini telah dibangun selama tiga tahun anggaran, yakni melalui APBD Bangkalan 2007, 2008, dan 2009. Alokasi dana yang telah dikucurkan belasan miliar rupiah, termasuk pada anggaran 2009 sebesar Rp 6,6 miliar untuk membangun gedung pengelolaan, tribun VVIP dan VIP.

"Pada tahun 2010 kami akan melanjutkan pembangunan stadion dan telah mendapatkan dana Rp 10 miliar dari Pemprov Jatim. Uang sebanyak itu digunakan untuk pembangunan pagar lapangan, tribun ekonomi sepanjang 71 meter, pagar tribun VVIP, VIP, dan atap VIP," ujar Chairul.

Dijelaskan Chairul, pembangunan stadion ini masih sekitar 60%. Sisa pembangunannya masih membutuhkan 60 miliar lagi. "Kami akan terus berusaha agar stadion bertaraf nasional ini bisa tuntas, meski harus mencari bantuan ke pemprov atau pusat," katanya.

Meski belum rampung, stadion ini sudah bisa difungsikan. Bahkan, beberapa kali dijadikan tempat even sepakbola untuk skala nasional dan regional. "Fungsi stadion sudah jalan meski belum maksimal," ungkap Chairul.

Ketua Komisi C, Mukaffi Anwar, mengakui tidak mungkin menggunakan APBD Bangkalan untuk menutupi kekurangan Rp 60 miliar itu. Karena itu, dewan mendorong pemkab agar terus melakukan terobosan untuk mencari biaya pembangunan stadion agar tidak mangkrak.

"Ya, tanpa ada bantuan dari pusat, tidak mungkin kita bisa meneruskan pembangunan stadion dalam waktu cepat. Terobosan yang telah dilakukan mulai ada tanda-tanda berhasil, dengan bantuan dari Pemprov Jatim itu," ungkapnya. (hs)
 
Laporan: Kasiono

Kebakaran Toko Bingkai di Mampang, Karyawan Sempat Dengar Ledakan Sebelum Api Muncul
Asia Business Council 2024.

Asia Business Council 2024, Menko Airlangga Kasih Bukti Ketahanan Ekonomi Indonesia

Perekonomian Asia diproyeksikan akan cukup tangguh di masa depan meski dihadapkan dengan kondisi perekonomian global yang dihantui gejolak geopolitik saat ini.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024