Tawaran Beasiswa Bagi 1.290 Mahasiswa Jabar

Kampus ITB
Sumber :
  • Sigit Zulmunir/VIVAnews

VIVAnews - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan pada tahun 2010 ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat meluncurkan Program Beasiswa kepada mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Jawa Barat menyediakan anggaran Rp 17,35 miliar untuk 1.290 mahasiswa di Jawa Barat.

“Beasiswa yang diberikan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu beasiswa satu siklus, beasiswa reguler dan program bantuan tugas akhir, dengan jumlah anggaran mencapai  Rp. 17,35 miliar untuk 1.290 mahasiswa PTN dan PTS di Jawa Barat," ujar Gubernur.

PKB Loyo Mau Gulirkan Hak Angket: Prabowo Sudah Keliling Partai

"Dengan cara ini diharapkan kita mendapat lompatan besar peningkatan kualitas dan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat Jawa Barat,” ujar Heryawan dalam rilis yang diterima VIVAnews, Senin 31 Mei 2010.

Rincian alokasi biaya dan jumlah mahasiswa sebagai berikut, beasiswa satu siklus jenjang S-1 ITB, diberikan kepada 100 calon mahasiswa baru yang berprestasi dari keluarga tidak mampu (hasil seleksi), masing-masing sebesar Rp 100 Juta.

Untuk Beasiswa Program Reguler, diberikan kepada 1.000 mahasiswa eksisting yang berprestasi atau tidak mampu pada tahun pertama/kedua jenjang D3 dan S1, dari sekitar 50 (lima puluh) PTN dan PTS di Jawa Barat @ sebesar Rp. 5 Juta.

6 Tanda Kamu Terkena DBD, Kenali Gejalanya Sejak Dini agar Tidak Makin Fatal

Sedangkan Program Bantuan Tugas Akhir, diberikan kepada 190 mahasiswa jenjang S1 dan S2, terdiri dari 100 mahasiswa jenjang S1 (@ sebesar Rp. 10 Juta), serta 90 mahasiswa jenjang S2 (@ sebesar Rp. 15 Juta).

Adapun prosedural yang harus ditempuh untuk Beasiswa Program Reguler ini, yaitu melalui pengajuan calon penerima beasiswa dari Kopertis IV Bandung maupun Kopertis Wilayah Jawa Barat dan Banten kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Untuk Beasiswa Program Reguler ini, mekanisme yang akan ditempuh yaitu melalui seleksi Proposal Tugas Akhir para mahasiswa, dengan salah satu indikator penilaian utama yaitu relevansi tema tugas akhir dengan upaya pencapaian sepuluh common goals pembangunan Jawa Barat.

Selain alokasi anggaran beasiswa bagi para mahasiswa, Pemprov Jabar juga sedang melakukan proses penambahan jumlah Perguruan Tinggi dan fasilitasi penegerian Perguruan Tinggi Swasta, khususnya di wilayah Karawang (Universitas Singaperbangsa Karawang), wilayah Sukabumi (Poltekkes Sukabumi), wilayah Cirebon (Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon), dan wilayah Priangan Timur (Universitas Siliwangi Tasikmalaya).

Alasan Nico Bunuh Wanita Open BO yang Jasadnya Ditemukan di Pulau Pari

“Diharapkan dengan cara tersebut dapat mendorong peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Jawa Barat,” ujar Heryawan.

Deretan mobil bekas di WTC Mangga Dua, Jakarta Pusat.

Daftar Harga Pajero Sport Bekas dan Pajak Tahunannya

Bagi Anda yang ingin merasakan ketangguhan dan kemewahan Pajero Sport generasi ketiga tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam, pasar mobil bekas menawarkan pilihan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024