NASIONAL

ThinPrep Pap Lebih Akurat dari Pap Smear

Tes ini lebih efektif dan akurat mendeteksi sel-sel kanker di seputar organ reproduksi.
Senin, 15 Desember 2008
Oleh : Petti Lubis, Lutfi Dwi Puji Astuti

VIVAnews - Selama ini, kita mengenal pap smear (Pap test) atau cervical smear yang berfungsi mendeteksi dini kanker di seputar organ reproduksi. Tes ini dianjurkan pada wanita yang telah melakukan hubungan seksual. Tapi, kini, ada tes lain yang dinilai bisa lebih efektif mendeteksi kanker, yakni ThinPrep Pap Test.

“Pap test yang dilakukan secara teratur memang dapat membantu kita mencegah terjadinya kanker leher rahim. Sebab, perubahan-perubahan sel di dalam leher rahim bisa terjadi tanpa adanya tanda-tanda fisisk ataupun rasa sakit sekecil apapun. Apabila tidak dideteksi dan ditangani dengan baik, dapat saja menjadi kanker. Tapi ada lagi cara yang dinilai beberapa ahli lebih efektif melakukan pendeteksian, yaitu dengan ThinPrep Pap Test” kata anggota tim ahli Brawijaya Fertility Centre, dr Diana, SpOG, Sabtu 13 Desember 2008.

Bagaimana Pap Test dilakukan?
Anda bisa saja berkunjung ke rumah sakit terdekat yang memiliki fasilitas pap smear. Nantinya, dokter atau perawat akan mengambil sel-sel dari leher mulut rahim Anda , kemudian meletakkan dan meratakanya pada preparat kaca dan mengirimkannya ke laboratorium untuk diperiksa dengan teliti menggunakan pembesaran mikroskop.

Kelemahan Pap Smear:
Saat proses meletakkan dan meratakan pada preparat kaca menyebabkan adanya lapisan-lapisan tidak merata dan penumpukan sel-sel sehingga menyulitkan pengamatan terhadap keseluruhan sel-sel tersebut.  Beberapa penelitian juga menemukan, sebagian besar sel tidak terbawa dalam preparat kaca dan ikut terbuang.

Perbedaan Pap Smear dengan ThinPrep Pap Test?
Sel-sel diambil dengan cara yang sama. Perbedaannya, pada ThinPrep Test, sel-sel tersebut tidak diletakkan dan diratakan di preparat kaca, tetapi dimasukkan ke dalam tabung yang berisi cairan yang berfungsi menstabilkan dan menjaga kondisi sel-sel tersebut agar pada saat diperiksa akan tetap sama dengan kondisi saat diambil. Prosedur ini memastikan agar sebanyak mungkin sel dapat disimpan untuk dibawa laboratorium pemeriksaan dan dalam kondisi sangat baik.

Apa yang membuktikan, ThinPrep Pap Test lebih efektif?
Tes ini diciptakan untuk mengatasi sebanyak mungkin kelemahan yang terdapat pada pap tes biasa. Penelitian di seluruh dunia pun menyimpulkan kalau ThinPrep Pap Test lebih akurat dari paptTest biasa dengan menurunkan angka negatif palsu.

Maka itu, pada saat menjalani Pap Test, Anda sebaiknya meminta tes dilakukan dengan ThinPrep Pap Test. Karena proses ini merupakan pengembangan dan perbaikan pertama terhadap Pap Smear sejak ditemukan 50 tahun silam.“Test baru ini bisa memberikan keyakinan terhadap ketepatan hasil Tes Anda,” lanjut Diana.

Apa yang harus dilakukan, bila hasil tes tidak normal?
Jangan panik dulu. Bila hasil yang diperoleh tidak normal bukan berarti Anda terkena kanker. Sebagian di antaranya disebabkan oleh adanya infeksi atau pembengkakan pada leher rahim atau vagina. Apabila hasil tes tidak normal didapatkan, dokter anda akan segera dapat menentukan tindakan perawatan yang paling tepat untuk anda. Mintalah penjelasan dari dokter tentang hasil tes. Apa yang akan terjadi kemudian dan apa saja tindakan perawatan yang akan Anda jalani.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found