Lokalisasi Gude Undi Kondom Berhadiah

Kondom
Sumber :
  • doc Corbis

SURABAYA POST - Lokalisasi Wisma Wanita Harapan atau yang lebih dikenal Gude, Desa Teguhan, Jiwan, Kabupaten Madiun mengikuti undian bekas bungkus kondom.

Mengenal Empat Zaman yang Digambarkan dalam Ramalan Jayabaya

Sebanyak 9.540 bekas bungkus kondom diundi untuk memperebutkan berbagai hadiah, seperti televisi, kipas angin dan VCD player.

Terlebih dahulu, sebanyak 72 pekerja seks komersial penghuni lokalisasi itu menukarkan bekas bungkus kondom dengan kupon. Setiap sepuluh bungkus kondom mendapatkan satu kupon.

Menurut Ketua RT yang membawahi lokalisasi itu, Suwaji, kegiatan ini untuk merangsang penghuni lokalisasi itu agar disiplin mengenakan kondom setiap kali melayani tamunya untuk mencegah penyebaran HIV/AIDS.

Ketua RT yang membawahi lokalisasi Gude, Suwaji, mengatakan pihaknya bersama Pokja setempat telah lama melakukan monitoring penggunaan kondom. Setiap tamu yang berkunjung selalu dibekali kondom yang diberikan saat membayar tiket parkir dan tiket masuk lokalisasi. “Untuk mengantisipasi tamu yang terlewatkan atau tidak membawa kondom, di tiap kamar disediakan kondom sepuluh biji,” ungkap Suwaji.

Kegiatan undian bekas bungkus kondom seperti itu digelar setiap enam bulan sekali. Kali ini bekas kondom yang diundi, yang dikumpulkan sejak Agustus 2009 hingga Mei 2010 lalu. Undian yang sekarang merupakan yang keempat kalinya.

Kegiatan ini dilakukan atas kerjasama Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Daerah (KPAD) Kab. Madiun bersama Yayasan Bambu Nusantara dan Kelompok Kerja (Pokja) yang ada di lokalisasi Gude.

Direktur Program Yayasan Bambu Nusantara, Titik Sugianti, menyebutkan selama ini pihaknya terlibat aktif dalam pendampingan kelompok-kelompok yang berisiko tertular HIV/AIDS.

“Tidak hanya PSK tapi juga pengguna narkoba dengan jarum suntik,” jelasnya. Menurut Titik, pihaknya tidak hanya melakukan pendampingan terhadap WTS lokalisasi tapi juga PSK yang beroperasi di jalanan.

Siswowidodo

Begini Cara Pilih Cushion Terbaik Biar Makeup Flawless
Ilustrasi gender atau jenis kelamin.

7 Negara yang Miliki Toilet Netral Gender di Dunia, Mayoritas di Asia!

Beberapa negara telah memulai pembangunan toilet gender netral sebagai upaya untuk menyediakan fasilitas yang inklusif bagi kelompok LGBTQ+. Toilet gender netral infonya.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024