Ujian PTN di Yogya, Tiduran Sampai Semaput

Peserta SNMPTN berjibaku mengerjakan soal di Kampus Unair
Sumber :
  • SP/Eko Suswantoro

VIVAnews - Pelaksaan ujian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) lokal di Daerah Istimewa Yogyakarta berjalan lancar. Sebanyak 20.849 peserta memperebutkan kursi di tiga perguruan tinggi, yakni Universitas Gajah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, dan UIN Yogyakarta.

Para peserta ujian disebar di tiga universitas tersebut. Universitas Gadjah Mada (UGM) menampung peserta untuk kelompok ujian IPA yang mencapai 7.459 orang, Universitas Negeri Yogyakarta untuk kelompok ujian IPS, 9.845 orang dan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga untuk kelompok IPC sebanyak 3.545 orang.

“Secara umum jumlah peserta SNMPTN 2010 mengalami kenaikan apabila dibandingkan dengan pelaksanaan tahun sebelumnya yang
hanya diikuti 15.499 peserta saja,” kata Direktur Administrasi Akademik UGM, Budi Prasetyo Widyobroto saat ditemui di UGM, Rabu, 16 Juni 2010

Meningkatnya peserta SNMPTN di Yogyakarta ini disebabkan beberapa hal di antaranya jumlah angka kelulusan SMA yang meningkat, kesadaran dari orang tua agar anaknya sekolah ke jenjang yang lebih tinggi serta dibukanya pendaftaran online.

"Dengan sistem pendaftaran online akan mempermudah siswa untuk mendaftar tanpa harus datang kelokasi dibukanya pendaftaran SNMPTN," tandasnya

Untuk menjaga pengamanan, panitia bekerjasama dengan aparat kepolisian dalam hal lalu-lintas di lokasi tempat ujian serta pengamanan soal ujian.

Keberadaan joki juga akan menjadi perhatian khusus bagi pengawas. Pengawas akan lebih jeli mengamati kelengkapan dan keabsahan data data mulai dari foto hingga ijazah. "Untuk pengawas yang kami terjunkan jumlahnya sekitar 2.100 orang," tukasnya

Sakit dan Pingsan

Berdasarkan pantauan di UGM, tidak sedikit peserta yang memaksakan diri ikut ujian meski sedang sakit. Ayasti Andika Sari, terpaksa dipapah dan dibantu kruk. Ada juga peserta yang menjalani ujian di tempat tidur karena paskaoperasi akibat kecelakaan. Peserta itu atas nama Dwija Paramastya dan melakukan ujian di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UGM.

Ada juga peserta yang berulang kali pingsan. Elsan Nasution, yang mengikuti ujian di Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) UGM pingsan saat mengerjakan soal. Setelah sadar dan minta izin di kamar mandi, peserta tersebut pingsan lagi untuk yang keduakalinya. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, ia akhirnya, dibawa ke Rumah Sakit Panti Rapih.

Laporan: KDW | Yogyakarta

Terpopuler: Deretan Negara Bantu Israel, Pendeta Gilbert Dilarang ke Makassar hingga Iran Diserang
Gerakan olahraga russian twist

Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran

Round-up kanal Lifestyle pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang deretan olahraga ringan yang bisa dilakukan setelah lebaran.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024