SBY: TNI Semestinya Bisa Ikut Pemilu

Presiden SBY jumpa pers pengunduran diri Menkeu Sri Mulyani
Sumber :
  • Biro Pers Istana Presiden/Abror Rizki

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan anggota TNI bisa menggunakan hak politiknya untuk ikut memberikan suaranya dalam pemilihan umum.

"Kalau bicara hak asasi, hak politik anggota TNI tidak boleh dikebiri, tidak boleh dicabut. Negara yang lain namanya anggota militer itu dalam pemilu boleh memilih," ujar Yudhoyono di Istana Cipanas, Cianjur, Jumat 18 Juni 2010.

Menurutnya, adanya wacana anggota TNI ikut memilih tak keliru karena dikaitkan dengan hak politik seseorang.

Saat ini yang menentukan apakah 2014 nanti TNI boleh memilih atau tidak adalah DPR. Nantinya DPR akan menjaring pendapat di kalangan TNI sendiri, dan akan dirumuskan apakah TNI bisa menggunakan hak pilihnya atau tidak.

Dia mengerti di masa lalu dikhawatirkan TNI ikut memilih akan terjadi perpecahan, apalagi semua mempunyai senjata. Kekhawatiran yang lain akan mengganggu kekompakan dan keutuhan kemanan ketika melakukan pengamanan.

"Kalau saya, manakala sudah tidak ada lagi hambatan atau permasalahan apakah yang mengganggu kekompakan, jiwa korps, maka suatu saat akan diberikan hak-haknya agar bisa ikut menyuarakan suaranya. Kita lihat apakah sudah tepat untuk 2014 mendatang," ujarnya.

Keren Banget, Sherina Main Teater Musikal Bareng Anak-Anak Sekolah
Kiper Inter Milan Emil Audero Mulyadi

Terpopuler: Alasan Heerenveen Lepas Nathan Tjoe-A-On, Calon Kiper Timnas Indonesia Sabet Scudetto

Berita mengenai Heerenveen yang kembali melepas Nathan Tjoe A On ke Timnas Indonesia U-23 menjadi buruan pembaca VIVA Bola sepanjang Rabu 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024