NASIONAL

Malam Ini Gerhana Bulan Parsial

Di Malaysia, warga melaksanakan salat gerhana.
Sabtu, 26 Juni 2010
Oleh : Amril Amarullah, Harriska Farida Adiati

VIVAnews - Umat muslim di Malaysia diminta melaksanakan salat Khusuf menjelang gerhana Bulan parsial yang malam ini bisa disaksikan di sejumlah negara, Sabtu, 26 Juni 2010.

Departemen Pengembangan Islam Malaysia (Jakim) mengatakan salat gerhana bisa dilakukan setelah sholat Maghrib, baik sendiri-sendiri maupun berjamaah.

Pejabat Jakim, Noor Syarizal Mohd Nunar, seperti dikutip dari Bernama, mengundang umat muslim Malaysia untuk melakukan salat gerhana di Masjid Nasional dan Masjid Putrajaya yang akan dilanjutkan dengan khotbah mengenai gerhana Bulan.

Di Malaysia, menurut Badan Antariksa Nasional (Angkasa) Malaysia, gerhana Bulan sebagian akan mulai terjadi pukul 16.57 sore dan mencapai gerhana maksimum pada 19.30 sore sebelum diperkirakan berakhir pada pukul 10.22 malam waktu setempat.

Sedangkan di Indonesia, menurut Kepala Observatorium Boscha, Hakim Malasan, gerhana Bulan parsial akan terjadi dari pukul 17.15 WIB hingga 20.00 WIB.

Sementara itu, kantor berita Associated Press memberitakan bahwa gerhana bulan juga akan terlihat di wilayah barat Amerika Serikat dan Kanada, Pasifik, dan timur Asia. Bagi penduduk di Pantai Barat, gerhana akan terjadi menjelang fajar hari ini mulai pukul 03.17 pagi dan berakhir tiga jam kemudian.

Gerhana bulan sebagian hari ini disebut sebagai pendahuluan sebelum terjadi gerhana bulan total yang akan bisa disaksikan di seluruh kawasan Amerika Utara, Desember tahun ini. (umi)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found