Polri Pindahkan Sel Atasan Gayus Tambunan

Wakadiv Humas Mabes Polri, Zainuri Lubis
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Mabes Polri memindahkan ruang tahanan Maruli Pandapotan Manurung, tersangka kasus makelar pajak yang juga atasan Gayus H Tambunan. Maruli dipindahkan dari ruang tahanan di Polres Selatan ke ruang tahanan di Bareskrim Polri.
 
Wakadiv Humas Polri Brigjen Pol Drs Zainuri Lubis mengatakan, pemindahan itu dilakukan untuk mempermudah dalam pendalaman kasus.
 
"Kalau kita bicara tempat penahanan, rutan Breskrim lebih standar karena ruangan lebih besar, lebih lengkap, apalagi dalam hal hak asasi manusia," kata Zainuri di Kantor Mabes Polri, Sabtu 26 Juni 2010.
 
Namun pemindahan ini, kata dia, bukan untuk mendiskriminasi atau maksud lain. "Ini agar lebih mudah untuk penanganan kasusnya saja," kata dia.
 
Zainuri mengatakan bahwa di Jakarta ini, Polri memiliki banyak rumah tahanan (rutan). Rutan milik polisi itu antara lain tahanan di Mabes Polri, Rutan Bareskrim Polri, rutan di kelapa dua, Polda Metro, juga di Jakarta Selatan.
 
Zainuri mengaku tidak mengingat soal teknis perpindahan tersebut. Namun Maruli dikabarkan telah dipindah sel sejak kemarin.
 
Sementara itu dalam masa penahanan Maruli, kasusnya terus akan dikembangkan. Penahanan sementara untuk pemeriksaan dilakukan selama 20 hari, kamudian menurut ketentuan kalau sudah habis diperpanjang 40 hari dan sampai 120 hari.
 
"Setelah 120 hari maka kalau belum selesai demi hukum harus dikeluarkan. Jadi nanti harapannya sebelum 120 hari berkasnya harus selesai," kata dia. (umi)

Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta Mulai Menurun
Seorang pekerja sedang mengawasi pembangunan proyek perumahan pekerja konstruksi yang nanti digunakan untuk pekerja membangun infrastruktur di IKN, Penajam Paser Utara.

Kejar Target Pembangunan, Pekerja Proyek IKN Mudik Diantar Pakai Hercules

Jtah libur mudik bagi lebih dari 13.000 pekerja konstruksi IKN itu pun telah berakhir, dan para pekerja pun mulai balik lagi ke IKN guna kembali bekerja.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024