Indonesia Promosi Komodo di ASEAN

Zeby Febrina, pecinta Komodo (Varanus Komodoensis)
Sumber :
  • Antara/ Ujang Zaelani

VIVAnews -- Indonesia melalui Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata kembali memperkenalkan habitat komodo masuk dalam '7 Keajaiban Dunia', pada pertemuan kerjasama ASEAN di bidang Pariwisata, di Senggigi Lombok Barat, 29 Juni-3 Juli 2010.

Sekertaris Jenderal Kementrian Kebudayaan dan Periwisata Wardiyatmo mengatakan, keberadaan komodo di Nusa Tenggara Barat sangat potensial untuk masuk dalam tujuh keajaiban dunia. Apalagi, selama ini komodo adalah satu-satunya spesies kadal tertua dan terbesar yang masih hidup di dunia.

"Ini merupakan kesempatan penting untuk mensosialisasikan komodo sebagai salah satu keajaiban dunia. Kami menyampaikan hal ini kepada seluruh anggota ASEAN untuk mendukung pariwisata Indonesia," kata Wardiyatmo kepada wartawan di Senggigi, Jumat 2 Juli 2010.

Pertemuan kerjasama wisata ASEAN yang berlangsung sejak 29 Juni itu juga akan merumuskan bagaimana agar Komodo terpilih sebagai salah satu keajaiban dunia. "Kalau pemilihnya juga dari Negara lain akan menambah kuat posisi komodo tersebut," ujarnya.

Seperti diketahui Komodo atau yang disebut sebagai Varanus Komodoensis berada di antara Pulau Sumbawa dan Pulau Flores di Kepulauan Sunda Kecil, Indonesia. Taman Nasional itu termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Taman Nasional Komodo memiliki luas 1.817 kilometer persegi terdiri dari kepulauan dengan luas lebih dari 603 kilometer persegi dan taman laut seluas 1.214 kilometer persegi. Taman itu didirikan pada tahun 1980 dan dinyatakan sebagai cagar Manusia dan Biosofil pada tahun 1986.

Taman Nasional Komodo juga dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1991. "Kami berharap seluruh rakyat Indonesia ikut berpartisipasi untuk memilih Komodo sebagai bagian dari 7 Keajaiban Dunia dari 28 finalis dengan masuk (log-in) ke www.new7wonders.com," ujarnya.

Laporan: Edy Gustan | Mataram

Shin Tae-yong Dapat Kabar Baik dari Erick Thohir soal Perpanjangan Kontrak
Persebaya Surabaya Vs Persib

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Persebaya Surabaya

Duel Persib Bandung vs Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 matchday ke 32 di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu 20 April 2024, pukul 15.00 WIB.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024