Kinerja Buruk, Dewan Malah Minta Mobil Baru

rapat dewan anggota DPRD Jatim
Sumber :
  • Siska Prestiwati | Surabaya Post

SURABAYA POST - Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur, mengajukan anggaran pembellian sembilan mobil dinas baru yang nilainya mencapai miliaran rupiah. Padahal, mereka tengah mendapat sorotan karena kinerjanya yang lamban.

Rincinya, empat mobil dinas jenis Fortuner keluaran 2010 untuk pimpinan dewan dan lima  mobil Kijang Innova untuk operasional Keseketariatan DPRD Jatim. Namun kabar terakhir pengajuan mobil baru khusus pimpinan dewan itu akan direvisi malah diganti jenis Toyota Camry.

Hal itu terungkap dalam Nota Dinas Sekretaris Dewan DPRD Jatim tertanggal 17 Juni 2010 yang didapat Surabaya Post, Rabu 7 Juli 2010. Disebutkan dalam poin C Sekwan mengajukan tambahan lima unit kendaraan dinas operasional Kijang Innova.

Sedangkan untuk tambahan kendaraan dinas operasional pimpinan dewan rencana awal diajukan empat unit mobil  Fortuner untuk empat kendaraan. Di mana harga Toyota Fortuner saat ini di kisaran Rp 400 juta, sedangkan Toyota Camry Rp 500 juta hingga Rp 600 juta lebih.    

Terkait dengan usulan ini nota dinas itu, Wakil Ketua DPRD Jatim Faf Adi Siswo membenarkan, memang ada pengajuan anggaran untuk pembelian mobil dinas. Alasannya, mobil dinas sangat dibutuhkan untuk menunjang mobilitas anggota dewan dan keseketariatan dewan dalam menjalankan tugasnya.

"Benar, karena mobilitas yang tinggi dibutuhkan kendaraan dinas. Namun, untuk pengadaan dinas harus sesuai dengan peraturan yang berlaku. Rencananya, kami akan meralat 4 mobil dinas jenis Fortuner menjadi 4 mobil  Toyota Camry keluaran 2010," kata Faf dihubungi, Rabu 7 Juli 2010.

Ia menjelaskan, untuk 5 unit mobil Kijang Innova memang sangat dibutuhkan, mengingat 5 kijang Innova yang saat ini digunakan merupakan mobil sewaan.” Sesuai dengan peraturan BPK dan Depdagri, tapi saya lupa nomornya, tidak boleh ada mobil sewaan tetapi harus beli,” paparnya.

Semula dasar Pemprov Jatim untuk menyewakan 5 mobil Innova, katanya,  menekan biaya perawatan. Namun, dalam peraturannya tidak boleh, sehingga, dewan mengajukan anggaran untuk membeli Kijang Innova guna menunjang kerja kesekretariatan.

"Sedang untuk Pimpinan Dewan, surat tersebut akan diralat bukan Toyota Fortuner tetapi  Toyota Camry 2010 sesuai dengan aturan dan standar yang ada," jelasnya.

Menanggapi pengadaan mobil dinas baru ini, Koordinator Aliansi Masyarakat Anti- Korupsi (AMAK) Surabaya, I Wayan Titip Sulaksana menegaskan, kalau  merujuk pada Permendagri  Nomor 17 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Barang Daerah anggota dewan tidak berhak mendapatkan mobdin.

Biaya Ultah Cucu SYL Minta Di-reimburse Kementan, Pegawai Menolak Terancam Dimutasi

"Kok, malah mengadakan mobdin baru?Padahal kinerja mereka selama 10 bulan ini tidak menghasilkan apa-apa," tegas Wayan.

Laporan: Siska Prestiwati

VIVA Otomotif: Motor listrik hasil konversi

Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) resmi memberikan konversi motor listrik secara cuma-cuma atau gratis untuk masyarakat. Bagaimana cara ikut programnya?

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024