NASIONAL

Tambang Emas di NTB Beroperasi 2009

Lahan seluas 23 ribu hektar di Kecamatan Berang Eleh Sumbawa Barat yang akan dikelola.
Rabu, 17 Desember 2008
Oleh : Amril Amarullah
Pertambangan Newmont Sumbawa

VIVAnews - Perusahaan pertambangan baru akan beroperasi di Kabupaten Sumbawa Barat pada tahun 2009 mendatang. Perusahaan tambang tersebut adalah PT Sumbawa Barat Sejahtera Bersama yang berkantor pusat di Kabupaten Sumbawa Barat.

Bupati Sumbawa Barat Zulkifli Muhalli saat dikonfirmasi wartawan membenarkan hal itu. "Sudah ada lahan seluas 23 ribu hektar di Kecamatan Berang Eleh Sumbawa Barat yang akan dikelola oleh perusahaan tambang tersebut," katanya kepada wartawan usai hadiri upacara HUT NTB, Rabu 17 Desember 2008.

Lebih lanjut,  dia mengatakan investor yang masuk ke Sumbawa Barat adalah perusahaan lokal dan bukan perusahaan asing. Zulkifli Muhadli mengaku gembira dengan masuknya investor tersebut. Pasalnya PT SBSB akan memberikan keuntungan besar.

Apalagi sebelum beroperasi Perusahaan tersebut akan memberikan secara cuma-cuma 15 persen saham kepada pemerintah Sumbawa Barat. "Mereka baru mengajukan kuasa pertambangan dan siap memenuhi syarat yang kami ajukan," tutur Zulkifli Muhalli.

Setelah kuasa pertmbangan itu diperoleh, selanjutnya PT SBSB harus memperoleh izin eksplorasi dan izin eksploitasi. Mereka jugaakan melakukan konstruksi dan produksi yang pada akhirnya mereka akan peroleh lokasi  di 5000 hektar.

Nilai kekayaan alam yang terdapat dilokasi tersebut sekitar Rp 5 triliun. Bahkan menurut hasil riset yang dilakukan oleh perusahaan tersebut nilai kekayaan yang terkandung didalamnya lebih besar dibanding apa yang dilaporkan oleh PT Newmont Nusa Tenggara.

"Bagaimana tidak, batu yang ditemukan disana sudah ada unsur tembaganya,apalagi kalau digali,wah itu dapat memberikan pemasukan besar bagi negara tercinta Indonesia ini. Jadi kita gak perlu khawatir lagi dengan perusahaan tambang tersebut," paparnya.

Manfaat lain yang dihasilkan adalah penyerapan tenaga kerja bagi masyarakat NTB khususnya masyarakat Sumbawa Barat. Dengan demikian diharapkan keberadaan perusahaan tersebut menambah inkam dan memajukan provinsi NTB.

"kita harus dukung perusahaan nasional itu,jangan kita biarkan tanah kita digarap orang asing dan kita hanya memperoleh bekasnya saja," katanya.

Laporan: Edy Gustan/Mataram

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found