Muhammadiyah Awali Ramadan Pada 11 Agustus

Din Syamsudin
Sumber :
  • VivaNews/ Tri Saputro

VIVAnews - Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengeluarkan maklumat penetapan 1 Ramadan jatuh pada 11 Agustus 2010. Penetapan ini sesuai dengan perhitungan hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani Majlis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

"Ijtimak menjelang Ramadhan 1431 H terjadi pada Selasa 10 Agustus 2010, tinggi hilal pada saat mahatahari terbenam 2 derajat," kata Ketua PP Muhammadiyah Abdul Fatah Wibisono, di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Senin 19 Juli 2010.

Menurut dia, ada kemungkinan tinggi hilal dua derajat itu tidak terlihat bila cuaca mendung. Sehingga, bagi yang mengandalkan melihat atau rukyatul hilal, ada kemungkinan mengawali Ramadan pada 12 Agustus 2010.

Sementara itu Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsudin, mengimbau kepada umat Islam agar memaknai bulan Ramadan ini dengan pendekatan aksi sosial. Apalagi bulan Ramadan tahun ini bertepatan dengan hari Kemerdekaan RI ke-65.

"Ramadan dan peringatan kemerdekaan bangsa harus dekat dengan manusia dan kemanusiaan," kata Din.

Menurut dia, pendekatan kemanusiaan terutama ditujukan bagi yang selama ini tertindas dan terkungkung oleh sejarah. Makna kemerdekaan sejati didekati dari dimensi horizontal dan vertikal manusia beragama.

"Karena agama dan negara hadir untuk membebaskan manusia sebagai manusia seutuhnya," ujar Din.

Dalam maklumat PP Muhammadiyah bernomor 05/MLM/I.0/E/2010, yang ditandatangani Ketua Umum Din Syamsudin mengumumkan pula 1 Syawal 1431 H atau Hari Raya Idul Fitri bertepatan Jumat 10 September 2010. (umi)

Lika Liku Kehidupan Soesalit Djojoadhiningrat, Pasca Ibunda RA Kartini Meninggal Dunia
Edy Rahmayadi.(B.S.Putra/VIVA)

Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran ke PDI Perjuangan

Gubernur Sumut periode 2018-2023, Edy Rahmayadi diwakili tim pemenangan mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon Gubernur Sumut 2024, di Kantor DPD PDIP Sumut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024