Wapres: Dua Target MDGs Indonesia Tercapai

Boediono
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Wakil Presiden, Boediono mengatakan Indonesia telah berhasil mencapai sejumlah target Millenium Development Goals (MDGs).

Target tersebut antara lain di bidang kemiskinan dan kesehatan.

Hal ini dikatakan Wapres saat membuka Konferensi Millenium Development Goals di Jakarta, Selasa 3 Agustus 2010.

"Target MDGs yang telah dicapai saat ini adalah memotong setengah proporsi penduduk yang hidup di bawah 1 dollar per hari. Meningkatkan deteksi dan penyembuhan Tubercolosis (TBC) melalui DOTS (Direct Observed Treatment Short-Course Chemotherapy)," kata Boediono.

Boediono optimistis Indonesia dapat mencapai kelompok target MDGs lain, yang dapat dicapai pada 2015.

Target itu antara lain memastikan kesempatan setiap anak mendapatkan akses pendidikan dasar, menghapus kesenjangan gender, dan menekan rasio kematian balita.

Selain itu, Pemerintah menyadari ada kelompok target lain yang membutuhkan percepatan dan upaya khusus dari negara.
"Kelompok ini termasuk menekan angka kematian ibu, memerangi HIV/AIDS dan meningkatkan tutupan lahan hutan," kata Boediono.

Boediono kemudian mengatakan pencapaian target MDGs akan lebih mudah dilakukan apabila kerjasama regional terus ditingkatkan.

"Agar target pencapaian MDGs dapat tepat waktu pada 2015, Indonesia juga mengintegrasikan seluruh target MDGs ke dalam rencana pembangunan. Pemerintah Pusat dan Daerah," ucap Boediono, yang juga berkomitmen menyelesaikan laporan MDGs nasional serta peta jalan percepatan pencapaian MDGs 2015. (adi)

Mengenal Empat Zaman yang Digambarkan dalam Ramalan Jayabaya
Ilustrasi gender atau jenis kelamin.

7 Negara yang Miliki Toilet Netral Gender di Dunia, Mayoritas di Asia!

Beberapa negara telah memulai pembangunan toilet gender netral sebagai upaya untuk menyediakan fasilitas yang inklusif bagi kelompok LGBTQ+. Toilet gender netral infonya.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024