Presiden Resmikan Ibukota Baru

Gunung Gamalama dilihat dari Kota Ternate, Maluku Utara
Sumber :
  • Antara/ John Nikita

VIVAnews - Hari ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan Ibukota baru Provinsi Maluku Utara, Sofifi. Presiden meresmikan pemindahan Ibukota ini dengan meneken prasasti di Lapangan Ngaralamo, Kelurahan Salero, Kecamatan Kota Ternate Utara, Kota Ternate, Rabu 4 Agustus 2010 pukul 10.00 Waktu Indonesia Timur.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 46 Tahun 1999, Ibukota Maluku Utara adalah Sofifi, Kecamatan Oba Utara, di Bukit Gozale, poros pulau Halmahera. Sofifi ini berjarak satu jam perjalanan dengan kapal cepat dari Pulau Ternate.

Namun, Sofifi belum dipakai sebagai Ibukota karena keterbatasan infrastruktur, sehingga sementara ditempatkan di Kota Ternate. Setelah pembangunan, Sofifi sekarang telah memiliki kantor Gubernur, Kantor DPR, Kejaksaan Tinggi, dan Kepolisian Daerah.

Selain meresmikan pemindahan, seperti dilansir laman resmi Presiden, SBY juga akan meresmikan sarana dan prasarana infrastruktur serta penyerahan bantuan langsung masyarakat PNPM Mandiri dan KUR tahun 2010 untuk Provinsi Maluku Utara. Seluruh agenda ini berlangsung di Lapangan Ngaralamo, Salero.

Siang nanti, SBY dijadwalkan kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat khusus kepresidenan Boeing 737-800 milik Garuda dari Bandara Sultan Baabullah. (umi)

Namanya Dikatkan dengan Kasus Korupsi Harvey Moeis, Ayu Dewi: Lindungi Aku dari Fitnah
Gedung FMIPA Universitas Indonesia (ui.ac.id)

Daftar 10 Kampus Terbaik Indonesia 2024 Versi SIR, Bisa Jadi Panduan Calon Mahasiswa Baru

Scimago Institutions Rankings (SIR) merilis peringkat kampus terbaik Indonesia 2024. Dalam penentuan peringkat ini, Scimago menilai berdasarkan tiga indikator.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024