Satgas: Gayus Tambunan Layak Dapat Keringanan

Gayus Tambunan Diciduk Satgas
Sumber :

VIVAnews - Tersangka kasus mafia pajak Gayus Tambunan memberi beberapa  kesaksian mengejutkan di pengadilan. Keterangan Gayus kepada penyidik juga 'sukses' menyeret sejumlah penegak hukum. Apakah Gayus layak dihadiahi tuntutan ringan?

"Berdasarkan hasil studi perbandingan saya, saksi yang bisa bekerjasama dengan penyidik maka orang-orang seperti Gayus itu seharusnya punya hak untuk mendapat keringanan," kata anggota Satuan Tugas (Satgas) Pemberantasan Mafia Hukum, Mas Ahmad Santosa.

Hal itu disampaikan Mas Ahmad Santosa dalam diskusi "Stagnasi Hukum di Indonesia" di Setiabudi, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis 5 Agustus 2010.

Menurut Mas Ahmad Santosa, pemberian tuntutan ringan kepada orang-orang 'sejenis' Gayus ini sudah tertuang dalam dalam pasal 10 ayat 3 Undang-Undang Perlindungan Saksi dan Korban. Gayus termasuk peniup peluit dan pemukul kentongan yang membuat kasusnya terungkap.

"Namun itu mekanismenya sampai sekarang belum diatur. Dia sudah meniup peluit, sudah memukul kentongan. Namun reward apa yang dia (Gayus) dapat?" kata mantan pimpinan sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini.

Mas Ahmad Santosa menilai, disinilah peran tim Jaksa Penuntut Umum. Mas Ahmad mengambil contoh satu kasus di Amerika Serikat. Dalam kasus itu, ada tim jaksa mengeluarkan sepucuk surat semacam testimoni kepada hakim. Isi testimoni itu bertuliskan bahwa terdakwa ini telah membantu dalam mengungkap kasus.

"Perlu dirumuskan kriteria. Seperti apa yang perlu diberikan keringanan tuntutan. Apa orang seperti Gayus itu masuk dalam kajian jaksa penuntut umum," tegas dia.

Dia tidak membantah bahwa Gayus turut berperan dalam mengungkap kasus dana bengkak Rp 28 miliar dalam rekeningnya. Tapi Gayus belum bicara duit senilai Rp 74 miliar.

"Sisanya ini yang belum Rp 74 miliar itu belum terlihat. Dia belum bicara. Seharusnya ada reward dulu buat dia (Gayus)," tegas pria berkumis ini.

Dalam kasus Gayus, beberapa penegak hukum turut terseret. Dari mulai pengacara, jaksa, hakim, sampai para penyidik di Markas Besar Polri.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan
Ilustrasi penembakan.

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

Seorang anggota polisi ditemukan tewas dengan luka tembak di kepala di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Kamis 25 April 2024

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024