Bangun Kapal Perang, PT PAL Serap 1500 Tenaga

Perluasan Galangan Kapal
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Indonesia baru saja meluncurkan pembangunan kapal perang 'Light Fregat-Perusak Kawal Rudal (PKR). Pembangunan yang akan dilakukan oleh PT PAL Surabaya dengan perusahaan galangan asal Belanda, Damen-Schelde ini diperkirakan akan menyerap ribuan tenaga kerja.

"Pembangunan kapal perang modern ini akan menyerap 1500 tenaga kerja," kata Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro usai acara 'Peluncuran Rencana Pembangunan Kapal Perang PKR' di kantor Kemenhan, Jakarta, Senin 16 Agustus 2010.

"Itu untuk satu kapal, kalau kita membuat dua kapal lebih maka akan banyak lagi membutuhkan tenaga kerja." Ia menambahkan.

Tenaga kerja yang terserap akan semakin banyak, tidak hanya tenaga kerja yang dipekerjakan di PT PAL saja. Menurut dia, pembangunan kapal ini juga akan menggerakkan sektor perekonomian lain.

Seperti suplai bahan baku dari industri penunjangnya. "Karena itulah kita komitmen untuk mengerjakannya di Indonesia," tuturnya.

Purnomo menambahkan, pembangunan kapal perang ini sebenarnya telah direncanakan sejak tahun 1998. Namun, karena Indonesia mengalami krisis, rencana tersebut harus kandas terhempas bada krisis keuangan satu dasawarsa silam itu. namun, kini perekonomian Indonesia lambat laun telah pulih.

Kini saatnya rencana itu kembali diwujudkan dan diteruskan di waktu yang akan datang. "Tentu waktu pertama kali membangun kapal perang ini akan menemuai banyak hambatan dan permasalahan. Namun kita akan terus memperbaikinya di masa yang akan datang," kata dia. "Kita berharap terus mampu membangunnya."

Kapal perang yang diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar US$ 220 juta ini, ditargetkan selesai dalam waktu empat tahun mendatang. Menurut Purnomo, kapal perang ini nantinya menjadi kapal perang yang handal jika dibandingkan dengan kapal perang sejenis yang dimiliki oleh negara-negara tetanga.

"Kalau kita tempatkan di Laut Cina Selatan dan laut bagian timur Indonesia, akan menimbulkan efek gentar, bagi negara yaang mencoba mengganggu," kata dia.

Defisit 3 Gol, Liverpool Ingin Bikin Keajaiban Comeback di Markas Atalanta

Spesifikasi Kapal PKR
Kapal PKR dirancang untuk bisa digunakan dalam beberapa misi operasi, antara lain peperangan elektronika, peperangan anti udara, peperangan anti kapal selam, peperangan anti kapal permukaan, bantuan tembakan kapal. Kapal perang PKR juga dilengkapi dengan rudal SAM, SSM, dan rudal anti kapal selam.

Kapal tersebut dilengkapi dengan perlengkapan persenjataan diantaranya meriam kaliber 76 sampai 100 mm dan kaliber 20 sampai 30 mm, peluncur rudal ke udara, helipad di deck kapal, dan senjata torpedo serta perlengkapan pendukung lainnya.

Panjang keseluruhan kapal 105 meter, lebar 14 meter, kedalaman 8,8 meter, kecepatan 30/18/14 knot dengan kekuatan mesin utama 4 X 9.240 kekuatan kuda (horse power).

Kapal mampu menampung 100 hingga 120 awak kapal. Kapal ini juga mampu beroperasi hingga batar terluar Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia, baik sendirian maupun mengawal kapal lainnya.

3 Faktor Pemicu Approval Rating Jokowi Masih Tinggi Versi Survei LSI
Lolly

Tak Kunjung Ketemu dengan Nikita Mirzani, Lolly Singgung Memperbaiki Diri

Lolly terus mencoba berbagai cara agar bisa datang ke rumah Nikita Mirzani meski sudah dicoret dari Kartu Keluarga dan daftar hak waris.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024