Asap Tebal, Warga Gunung Sinabung Cemas Lagi

Kepulan asap abu dari letusan gunung di Eyjafjallajokull, Islandia
Sumber :
  • AP Photo/Brynjar Gauti

VIVAnews - Warga di lereng Gunung Sinabung kembali khawatir dengan peningkatan aktivitas gunung tersebut. Asap tebal kembali membumbung. Warga saat ini belum mendapatkan penjelasan mengenai peningkatan aktivitas vulkanik  tersebut.

Peningkatan aktivitas Gunung Sinabung, selain mengeluarkan asap tebal juga terjadi hujan debu. Bahkan, dari desa Sukanalu Kecamatan Namanteran Kabupaten Karo Sumatera Utara, gunung tersebut sudah tidak terlihat, padahal cuaca cerah.

Akibat asap dan debu ini warga khawatir mendatangkan penyakit ganguan pernafasan (ISPA). Saat ini, mereka hanya mengatasinya dengan cara menutup mulut. Mereka juga tidak bisa beraktivitas seperti biasa karena mereka hanya berkumpul di kampung sambil memantau gunung.

"Kita pasti cemas. Sampai sekarang ini belum ada kejelasan dari pemerintah," ujar Nusantara Sitepu, warga Sukanalu kepada VIVAnews, Sabtu 28 Agustus 2010. (sj)

Laporan: PRB | Medan

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi
Anak selebgram Aghnia Punjabi dianiaya

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Anak selebgram Aghnia Punjabi diduga dianiaya pengasuh. Wajah anaknya babak belur. Mata kiri lebam, bekas luka di daun telinga, dan bibir juga terluka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024