Pengungsi Gunung Sinabung Capai 26 Ribu Jiwa

Sumber :
  • Antara/Irsan Mulyadi

VIVAnews - Dua letusan yang terjadi di Gunung Sinabung, semalam, memaksa warga yang tinggal di sekitar kaki gunung mengungsi. Jumlahnya kini mencapai 26 ribu jiwa.

Menurut Kepala Kantor Kepala Kantor Kesatuan Bangsa, Perlindungan Masyarakat (Kesbang Linmas) Kabupaten Karo, Suang Karo-Karo, pengungsi ini datang dari berbagai desa. "Mereka tercatat berasal dari tiga kecamatan," kata Suang kepada wartawan, Minggu 29 Agustus 2010.

Kecamatan asal pengungsi ini adalah Naman Teran (tujuh desa), Kecamatan Payung (tiga desa), dan Kecamatan Tiga Derket (tiga desa).

Mereka ditampung di berbagai titik yang sudah disediakan pemerintah yakni di Kota Brastagi (tiga titik) dan Kota Kaban Jahe (lima titik). "Ada juga yang ke Medan atau ke rumah sanak famili," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Surono, menjelaskan status Gunung Sinabung naik menjadi tipe A (Awas) sejak pukul 10 pagi tadi. Selain gunung ini, petugas juga mengawasi gunung tetangganya, Gunung Sibayak.

"Sibayak kami masukkan status B. Yang tadinya tak terpantau jadi diawasi," kata dia. Meski demikian, dia belum bisa memastikan apakah aktivitas dua gunung berjarak sekitar 30 kilometer  ini akan meletus dalam waktu dekat.

Untuk meminimalisir korban jiwa, kata dia, petugas sudah mensterilkan radius 6 kilometer dair kaki gunung. Seperti diberitakan sebelumnya, dua letusan terjadi Sabtu menjelang Minggu dinihari.

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Laporan: PRB | Medan

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta

UNS Kerjasama dengan BRI Gelar Program Desa Inspiratif

Desa yang tergabung dalam program “Desa BRILIAN” diharapkan menjadi sumber inspirasi kemajuan desa yang dapat direplikasi ke desa-desa lainnya.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024