Pengamat: Politik Luar Negeri Indonesia Lemah

Perairan Ambalat
Sumber :
  • Dok. TVOne

VIVAnews - Pakar politik luar negeri, Zainudin Djafar menilai, Konflik antara Indonesia dan Malaysia terjadi karena lemahnya politik luar negeri Indonesia.

"Wajar kalau rakyat Indonesia marah, tetapi jangan keterusan," kata Zainudin Djafar, dalam diskusi perkembangan ekonomi dalam dinamika politik, di Jakarta, Senin 30 Agustus 2010.

Dia menilai, konflik tersebut terjadi karena lemahnya politik luar negeri Indonesia. Zainudin menilai, selama 10 tahun terakhir, tidak ada upaya serius dari pemerintah terkait politik luar negeri.

"Selama ini politik luar negeri tidak terbangun dengan baik, terutama pasca reformasi," ujar pakar politik luar negeri, Universitas Indonesia ini.

Terkait identitas politik, Zainudin melihat, hal tersebut menjadi penting karena itu merupakan networking bagi Indonesia. Menurutnya, untuk membangun jaringan bukan perkara sulit bagi Indonesia.

"Kita punya hubungan baik dengan Asean, dengan negara-negara Islam (OKI)," imbuhnya.

"Silaturahmi harus terus dijaga jangan cuma melihat untung rugi," ujarnya.

Dia mencontohkan, keterlibatan Indonesia di Asean, membawa Indonesia masuk ke dalam anggota G20. "Artinya negara kita punya kharisma yang seharusnya perlu diasah dan dikembangkan," ucap Zainudin.

Dia memprediksi, insiden perbatasan akan terus terjadi, apabila Indonesia tidak mau memperbaiki diri.

Viral di Media Sosial Tawuran Brutal Antar Pelajar, 3 Pelaku Terancam Hukuman Penjara 10 Tahun
Ilustrasi pengendara sepeda motor

Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal

Baru-baru ini terjadi di media sosial, sebuah video di media sosial memperlihatkan pengendara motor menabrak sebuah mobil pikap hingga terjungkal.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024