Penangkapan Petugas KKP

Menkopolhukam: Karena Tak Ada Koordinasi

Menkopolhukam Djoko Suyanto kunjungi Hasan Tiro
Sumber :

VIVAnews - Menteri Koordinasi Politik Hukum dan Keamanan, Djoko Suyanto, menyatakan insiden penangkapan tiga pegawai Kementerian Kelautan dan Perikananan oleh polisi Malaysia, terjadi karena tidak adanya koordinasi antara aparat di lapangan.

"Tidak ada koordinasi kepolisian, angkatan laut, maupun informasi ke Tim Korkamla (Koordinasi Keamanan Laut)," kata Djoko dalam rapat kerja dengan Komisi I, di gedung DPR, Selasa, 31 Agustus 2010.

Selanjutnya, Djoko menegaskan kasus penangkapan itu, yang kemudian menyulut reaksi publik, menunjukkan bahwa koordinasi merupakan kata kunci. "Koordinasi itu mudah diucapkan, tetapi kenyataannya di lapangan sulit," katanya.

Seharusnya, kata Djoko, petugas KKP melapor terlebih dahulu ke petugas patroli, karena mereka tidak dilengkapi dengan senjata.

Insiden penangkapan ketiga petugas terjadi awal Agustus 2010. Kasus ini kemudian menyulut reaksi keras dari sebagian besar masyarakat Indonesia. Pemerintah RI kemudian didesak mengambil langkah tegas terhadap pemerintah negeri Jiran itu.

Timnas Qatar U-23 Menangis Usai Dihajar Jepang di Perempat Final Piala Asia U-23 2024
Ilustrasi tidur.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Tidur telanjang tidak hanya membuat seseorang merasa nyaman dengan diri sendiri, tetapi juga menghasilkan tidur yang berkualitas.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024