Kunjungan Turis Malaysia ke Yogya Meningkat

Perempuan Malaysia
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Hubungan Indonesia dan Malaysia yang kian memanas tidak berimbas secara langsung pada kunjungan wisatawan khususnya dari Malaysia ke Indonesia. Justru mengalami peningkatan di Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Mereka (Turis Malaysia) mengaku tidak merasa terancam jiwanya selama di Indonesia," kata Kepala Dinas Pariwisata DIY, M Tazbir kepada VIVAnews, kemarin malam.

Konflik antara Indonesia-Malaysia, menurutnya tidak mempengaruhi tingkat kunjungan. Justru yang mengalami penurunan dari turis negara lain, karena memang mendekati hari raya Idul Fitri. "Sehingga menurun, tetapi tidak pada turis Malaysia," tuturnya.

Menurut Tazbir, turis asal Malaysia yang datang ke Yogyakarta memang mendominasi dibandingkan dengan wisman dari Negara Eropa maupun Amerika ataupun Australia.

Dari jumlah 5 ribu hingga 40 ribu kunjungan turis ke Yogyakarta, Malaysia sangat dominan, bahkan setiap tahunnya turis Malaysia yang berkunjung ke Yogyakarta meningkat antara 25-35 persen.

"Kunjungan yang meningkat ini karena ditunjang adanya penerbangan langsung dari Kuala Lumpur ke Yogyakarta secara langsung tanpa transit ke kota lain di Indonesia,"

Lebih lanjut Tazbir menyatakan, untuk menjaga keamanan turis khususnya warga Malaysia ke Yogyakarta, pihaknya telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk memberikan pengamanan.

"Dinas sudah berkoordinasi dengan kepolisian termasuk polisi pariwisata untuk memperketat keamanan," tuturnya.

Lebih lanjut Tazbir menyatakan selain adanya penerbangan langsung Kuala Lumpur-Yogyakarta, belum adanya larangan dari pemerintah bagi warganya untuk berkunjung ke Indonesia.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Ini tentu, sangat besar pengaruhnya terhadap jumlah wisatawan dari Malaysia untuk berkunjung ke Indonesia.

"Faktor belum ada larangan dari Pemerintah Malaysia ini yang juga menunjang masih tingginya wisatawan dari Malaysia untuk datang ke Yogyakarta," tandasnya. (hs)

Laporan: KDW | Yogyakarta

Ilustrasi membersihkan wajah.

Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

Munculnya jerawat bisa karena bermacam-macam alasan, namun yang paling sering dibicarakan adalah jerawat purging dan breakout yang terjadi karena reaksi kulit terhadap sk

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024