Warga Kaki Gunung Sinabung Gelar Persembahan

Gunung Sinabung, Karo, keluarkan debu vulkanik
Sumber :
  • Antara/ Irsan Mulyadi

VIVAnews - Sejumlah tokoh masyarakat di kaki Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, menggelar ritual persembahan pada leluhur. Ritual digelar di Desa Sukanalu, Kecamatan Namanteran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Ritual diikuti puluhan orang yang mewakili desa-desa di kaki Gunung Sinabung, Kamis 2 September 2010. Dalam ritual itu mereka membawa daun sirih dan rokok yang diletakkan di bawah pohon di pinggir desa.

Dua orang warga yang merupakan tokoh masyarakat sempat tak sadarkan diri karena kerasukan. Mereka menyebut diri sebagai arwah yang bermukim di Sinabung saat kerasukan.

Kepala Desa Sukanalu, Paten Sitepu, mengatakan selama ini mereka tidak pernah menggelar ritual semacam itu. Tetapi peristiwa meletusnya Gunung Sinabung membuat tokoh masyarakat berinisiatif menggelar ritual itu.

Ritual ini untuk menghormati leluhur yang selama ini tidak mereka hormati dan berharap Gunung Sinabung tidak meletus lagi. Sampai saat ini status Gunung Sinabung masih tetap AWAS. Sekitar 27 ribu warga yang mengungsi masih belum kembali ke kampung mereka. Meski demikian, warga tetap bekerja di ladang dan kemudian pulang ke pengungsian.

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Laporan: PRB | Medan

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga

Stafsus Bantah Erick Thohir Perintahkan BUMN Borong Dolar AS, Ini Penjelasannya

Stafsus Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga membantah informasi yang menyebut bahwa Menteri BUMN, Erick Thohir telah meminta BUMN untuk memborong dolar AS.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024