1.505 Narapidana di Medan Terima Remisi Natal

VIVAnews - Sebanyak 1.505 orang narapidana di Sumatera Utara menerima remisi terkait perayaan Natal 2008. Pemberian remisi ini dilakukan setelah adanya penilaian perilaku para terpidana dalam berbagai perkara. Tahun 2008 tercatat persentase narapidana yang memperoleh remisi mencapai 17,73 persen dari total narapidana.
 
Kepala Kantor Wilayah Departemen Hukum dan HAM Sumatera Utara, Sihabuddin mengatakan dari total 1.505 narapidana yang menerima remisi khusus natal ini, 58 orang di antaranya dibebaskan. Sedangkan 1.443 narapidana lainnya menerima remisi khusus sebagian dan 4 orang menerima khusus tertunda.
 
"Setelah kita kaji 1.505 narapidana ini layak untuk mendapatkan remisi Natal," kata Sihabuddin pada VIVAnews didampingi Kadiv Pas, Sugihartoyo Selasa, 23 Desember 2008.
 
Kriteria yang menjadi pertimbangan Kanwil Hukum dan HAM dalam menetapkan remisi tersebut berupa narapidana yang telah menjalani penahanan selama enam bulan.

Narapidana penerima remisi berkelakuan baik dalam kurun waktu remisi berjalan. Sedangkan remisi khusus yang tertunda merupakan remisi khusus yang dilakukan setelah ditetapkan menjadi terpidana maksimal satu bulan.
 
Sementara remisi khusus bersyarat berupa remisi khusus yang diberikan secara bersyarat kepada narapidana yang telah menjalani pidana belum sampai enam bulan. Namun untuk remisi khusus bersyarat ini di Sumatera Utara tidak terdapat narapidana yang menerimanya.
 
Dari total narapidana penerima remisi di Sumatera Utara, narpidana Lapas Klas I Medan menjadi penerima remisi terbesar, sebanyak 193 orang.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

Yang umumnya tersandung pidana umum 120 orang dari total 1.082 narapidana pidana umum penerima remisi. 73 orang lainnya merupakan narapidana perkara narkoba dari total 404 narapidana narkoba yang menerima remisi.
 
Laporan: Jalaluddin Ibrahim | Medan

Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024