NASIONAL

Gunung Sinabung Meletus Lagi

Hingga kini letusan masih berlangsung. Tetapi lebih kecil dari tadi pagi.
Jum'at, 3 September 2010
Oleh : Ismoko Widjaya
Asap Letusan Gunung Sinabung

VIVAnews - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, meletus lagi. Letusan ini dilaporkan lebih kecil dari letusan terbesar pagi tadi.

"Meletus pukul 17.59," kata Staf Khusus Presiden Bidang Penanganan Bencana dan Sosial, Andi Arief, dalam akun twitter-nya, Jumat 3 September 2010.

Menurut Andi Arief, Gunung Sinabung belum lama meletus. Kendati demikian, laporan yang diterima Andi Arief, besarnya letusan tidak sebesar pagi tadi. "Intensitas letusan lebih kecil dibanding tadi pagi," kata dia.

Pagi tadi sekitar pukul 04.30 WIB, gunung yang terakhir meletus pada 1600 itu kembali mengeluarkan letusan. Letusan pagi tadi merupakan yang terkuat sejak gunung ini pertama kali meletus pada 29 Agustus 2010.

"Letusan ini mengeluarkan asap hitam yang cukup tebal. Suara gemuruh dan getarannya terdengar dan terasa hingga radius 8 kilometer," kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana, Surono saat dihubungi VIVAnews.com pagi tadi.

Bahkan, kata Surono, semburan abu mencapai ketinggian 3.000 meter, lebih besar dari yang sebelumnya hanya 2.000 meter.

Tetapi Surono memprediksi letusan akan berakhir seiring keluarnya letusan terbesar. "Biasanya yang terbesar itu akan mengakhiri letusan. Saya harapkan demikian," ujarnya. (art)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found