Pos Kepegawaian Daerah Akan Diatur Ulang

Tim Sukses SBY-Boediono : Hatta Rajasa
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan&RB) sedang mempersiapkan grand design aparatur pemerintahan di tingkat pemerintah daerah.
 
Menteri Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, pengaturan dilakukan karena pada saat sekarang dilaporkan banyak ketimpangan pegawai terjadi di daerah.
 
"Beberapa pos tertentu ada yang kelebihan dan beberapa pos lain ada kekurangan," kata Hatta di Kantor Menko Perekonomian, Senin 6 September 2010.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 26 April 2024

Ia mencontohkan kekurangan yang penting adalah tenaga perawat dan dokter. Ini banyak terjadi di daerah. Sementara pada bagian lain misalnya di kepegawaian bidang administrasi justru kelebihan. "Ini sedang diatur oleh Menpan. Akan dibuat grand design tersendiri untuk mengatur proporsinya," katanya.
 
Tak hanya soal kepegawaian, kata Hatta, masalah penganggaran daerah juga akan diminta lebih fokus pada pembelanjaan anggaran yang sifatnya pelayanan kepada masyarakat.
 
Kesepakatan ini telah diarahkan oleh Presiden kepada seluruh menteri dan pejabat daerah dalam berbagai pertemuan, terakhir adalah retreat di Bogor beberapa waktu lalu.
 
"Penajaman dalam anggaran di APBN dan APBD itu menjadi pembahasan khusus di mana pentingnya kita membuat proporsional antara belanja untuk aparatur dan modal. Karena belanja sekarang ditengarai banyak porsi belanja aparatur negara dibanding porsi belanja untuk infrastruktur," kata dia.(ywn)

Pemain Timnas Indonesia U-23, Pratama Arhan

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengungkapkan rasa syukur dan bangga yang luar biasa atas keberhasilan Timnas Indonesia U-23 melaju ke babak semifinal Piala Asia U 23 2024

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024