NASIONAL

SBY Ajukan Satu Calon Kapolri Usai Lebaran

Inspektur Jenderal Imam Soedjarwo disebut-sebut merupakan salah satu calon kuat.
Jum'at, 10 September 2010
Oleh : Pipiet Tri Noorastuti, Bayu Galih
Menteri Sekretaris Negara RI, Sudi Silalahi.

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hanya akan mengajukan calon tunggal Kepala Polri kepada DPR. Satu nama calon Kapolri itu akan diajukan usai Lebaran.

Demikian diungkapkan Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi di Istana Kepresidenan, Jumat, 10 September 2010. "Iya, kira-kira begitu (ajukan calon tunggal)," kata Sudi.

Namun hingga kini, kata Sudi, Presiden belum menerima secara resmi nama-nama tersebut, yang akan dipilih untuk diajukan ke DPR. "Belum sampai, kan sekarang masih lebaran," ucap Sudi.

Walau demikian, proses pengajuan calon Kapolri telah melalui proses klarifikasi dari lembaga negara seperti Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan Komnas Hak Asasi Manusia. Klarifikasi ini sesuai permintaan Presiden agar calon Kapolri bebas dari kasus korupsi dan kejahatan HAM.

Inspektur Jenderal Imam Soedjarwo disebut-sebut merupakan salah satu calon kuat Kapolri. Imam merupakan jenderal polisi yang satu angkatan dengan Mayjen Pramono Edhie Wibowo di Akademi Militer Nasional. Edhie merupakan adik istri Presiden, Ani Yudhoyono.

Namun Sudi membantah hal itu. "Tidak ada soal 'karena-karena'. Semua sesuai kriteria. Pokoknya yang terbaik," Sudi menegaskan. (kd)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found