Polri: Teknisi Sukhoi Keracunan Spiritus

Sumber :
  • Lanud Halim Perdanakusumah

VIVAnews -- Misteri kematian tiga teknisi pesawat Sukhoi dari Rusia sudah terkuak. Ketiganya keracunan methanol atau spiritus.

"Ya memang metanol, sudah disampaikan di konpers tadi oleh Kapudokkes Mabes Polri," kata Wakil Kepala Divisi Humas Mabes Polri Kombes I Ketut Untung Yoga Ana ketika dihubungi VIVAnews, Rabu 15 September 2010.

Dari tanda-tanda ketiga korban bisa disimpulkan mereka keracunan metanol atau etil alkohol. Metanol, juga dikenal sebagai metil alkohol, wood alcohol atau spiritus, adalah senyawa kimia dengan rumus kimia CH3OH. Ia merupakan bentuk alkohol paling sederhana.

Karena sifatnya yang beracun, metanol sering digunakan sebagai bahan additif bagi pembuatan alkohol untuk penggunaan industri.

Sebelumnya diberitakan, tiga dari sekitar 20 WNA asal Rusia yang bertugas merampungkan perakitan pesawat tempur Sukhoi di Makassar meninggal dunia, Senin kemarin. Ketiganya adalah Alexander Poltorak, Voronig Sergei dan Viktor Sapanov. Para teknisi Rusia tiba di Makassar pada 5 September 2010.

Sementara dua lainnya saat ini dirawat di rumah sakit, yakni Andrey Shavalov dan Andrey Zayestev.

Menurut dokter yang menanganinya keduanya, Chalid Saleh membenarkan bahwa keluhan seperti itu biasanya ditemukan pada pasien keracunan.

"[Gejala] relatif umum, nyeri kepala dan pusing memang seperti umumnya yang dikeluhkan orang keracunan," kata dia.

Danlantamal III Lantik Kolonel Widyo Jadi Komandan Lanal Palembang

Semua berita tentang tewasnya 3 teknisi Sukhoi

Ilustrasi TNI

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Roadmap repatriasi hak militer Sumber daya pertahanan negara.

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2024