Polisi Selidiki Asal Spiritus Teknisi Rusia

Sukhoi buatan Rusia
Sumber :
  • indoflyer.net

VIVAnews - Misteri kematian tiga teknisi pesawat Sukhoi dari Rusia terkuak sudah. Kesemuanya tewas akibat keracunan methanol atau spiritus.

Namun, belum diketahui dari mana ketiga tekhnisi itu memperoleh cairan spiritus. Markas Besar Polri masih mencari tahu. "Kami belum dapat keterangan, masih di selidiki," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Iskandar Hasan, Kamis, 16 September 2010.

Nanti, Labfor Polda Sulawesi Selatan yang akan melakukan penyelidikan, Mabes Polri hanya memberikan barang bukti dari hasil otopsi di tubuh korban. "Setelah itu akan diketahui apa yang sebenarnya terjadi," tuturnya.

Selanjutnya, apakah kasus tersebut akan dibawa ke ranah hukum, Iskandar tidak bisa memastikan. "Kita lihat saja nanti, karena harus diketahui terlebih dahulu hasil penyelidikannya," kata dia.

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Borneo FC

Yang pasti, melihat tanda-tanda di tubuh ketiga korban,  disimpulkan mereka keracunan metanol atau etil alkohol. Metanol, juga dikenal sebagai metil alkohol, wood alcohol atau spiritus, adalah senyawa kimia dengan rumus kimia CH3OH. Ia merupakan bentuk alkohol paling sederhana.

Karena sifatnya yang beracun, metanol sering digunakan sebagai bahan additif bagi pembuatan alkohol untuk penggunaan industri.

Tiga dari sekitar 20 WNA asal Rusia yang bertugas merampungkan perakitan pesawat tempur Sukhoi di Makassar meninggal dunia, Senin kemarin. Ketiganya adalah Alexander Poltorak, Voronig Sergei dan Viktor Sapanov. Mereka tewas setelah pesta miras. Para teknisi Rusia ini tiba di Makassar pada 5 September 2010.

Selain tiga orang tewas, dua orang lainnya saat ini dirawat di rumah sakit, yakni Andrey Shavalov dan Andrey Zayestev.

Menurut dokter yang menangani keduanya, Chalid Saleh membenarkan bahwa keluhan seperti itu biasanya ditemukan pada pasien keracunan.

"[Gejala] relatif umum, nyeri kepala dan pusing memang seperti umumnya yang dikeluhkan orang keracunan," kata dia. (umi)

Ilustrasi game changer.

Proyek Ini jadi 'Game Changer'

Game changer merupakan istilah yang mengacu pada perubahan atau inovasi yang mendasar dalam industri atau pasar yang mengubah dinamika yang ada dan ciptakan standar baru.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024