KNKT Selidiki Tabrakan Maut di Pemalang

Evakuasi KA Senja Utama di Petarukan, Pemalang
Sumber :
  • ANTARA/Oky Lukmansyah

VIVAnews - Komite Nasional Keselamatan Transportasi atau KNKT menerjunkan tim ke lokasi kecelakaan kereta api di Pemalang, Jawa Tengah. Tim akan menyelidiki penyebab terjadinya tabrakan maut yang merenggut lebih dari 20 korban tewas itu.

KNKT juga menurunkan tim ke lokasi kecelakaan kereta lain di Purwosari, Solo, Jawa Tengah, yang menewaskan satu orang.

"Tim yang di Solo sudah bekerja, yang di Pemalang masih dalam perjalanan. Kami juga akan tambah tim dari Bandung dan Jakarta," kata Ketua KNKT, Tatang Kurniadi, kepada VIVAnews.com, Sabtu, 2 Oktober 2010.

Tatang belum dapat menyampaikan dugaan sementara penyebab kecelakaan itu. Ia masih menunggu laporan lengkap tim dari lapangan.

Dalam wawancara sebelumnya, Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S. Ervan, mengatakan ada dua kemungkinan penyebab kecelakaan di Pemalang. "Ada gangguan sinyal atau kemungkinan pelanggaran sinyal," kata Bambang.

Tabrakan maut itu terjadi sekitar pukul 03.00, dini hari tadi, saat KA Senja Utama tengah berhenti menunggu disalip KA Argo Bromo Anggrek yang datang dari arah sama.

KA Argo Bromo Anggrek seharusnya menyalip melalui jalur rel berbeda. Tapi, saat itu Argo Bromo yang melaju dalam kecepatan tinggi berada di jalur yang sama sehingga tabrakan tak terelakkan. KA Argo Bromo Anggrek menabrak gerbong belakang KA Senja Utama hingga terguling dan hancur berantakan. (kd)

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid
PJ Wali Kota Pontianak Ani Sofian (bertopi) saat memantau pelaksanaan Sidak ke sejumlah SPBU di Pontianak, Kamis 28 Maret 2024. Pemkot menemukan masih ada SPBU yang takarannya belum sesuai. (Adpim Pemkot Pontianak)

Pemkot Pontianak Kasih Peringatan ke Seluruh SPBU di Kota Itu, Ada Apa?

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melalui Tim Pengawas Kemetrologian menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke SPBU.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024