Gempa "Gelitik" Jakarta

Pusat gempa Ujung Kulon
Sumber :
  • USGS

VIVAnews - Sebuah gempa berkekuatan 5,5 skala Richter menggoyang Jakarta dan sekitarnya pada pukul 15.21 Waktu Indonesia Barat, Minggu 3 Oktober 2010. Gempa ini berpusat di barat daya Ujung Kulon, Banten.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, gempa berpusat di 6,83 lintang selatan dan 104,86 bujur timur atau 70 km barat daya Ujung Kulon. Gempa ini berpusat di laut pada kedalaman 30 kilometer ini tidak berpotensi tsunami.

Itha, seorang warga Depok, mengaku merasakan gempa ini. Namun saking kecilnya getaran, Itha mengaku hanya dia sendiri yang merasakan getaran itu. 

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Webinar "Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital"

Menurut Staf Ahli Presiden Bidang Bencana dan Sosial Andi Arief pekan lalu, sejumlah daerah di Pulau Jawa berpotensi terkena rambatan gempa. Itu adalah Ujung Kulon, Tasikmalaya, hingga Jakarta. Gempa yang berpusat di kedalaman tinggi oleh para ahli diiyakini berpotensi merambat.

"Karena, bila Ujung Kulon dan Tasikmalaya terjadi gempa, itu akan sangat terasa di Jakarta. Bila Ujung Kulon gempa besar, Jakarta bisa roboh seperti Meksiko," kata Andi Arief. "Apalagi, Jakarta Utara sangat labil dan lempung."

Satgas Pangan Polri: Pasar Murah Harus Digencarkan Jelang Lebaran di Kalteng
Ilustrasi kulit berjerawat.

Bopeng Parah Bekas Jerawat Ternyata Bisa Disiasati Buat Dihilangkan, Begini Caranya

Jerawat memang bikin kesal, tapi bekasnya yang sulit hilang jauh lebih menjengkelkan. Terlebih jika sudah menjadi bopeng yang parah, maka akan lebih sulit lagi diatasi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024