Bandara Juanda Lama Difungsikan 2011

Bandara Ahmad Yani, Semarang.
Sumber :
  • Antara/ R Rekotomo

SURABAYA POST– PT Angkasa Pura I segera memanfaatkan bandara lama Juanda untuk mengatasi kelebihan beban Bandara Internasional Juanda. Diperkirakan penggunaannya dilakukan pertengahan 2011 mendatang.

General Manager (GM) AP I Juanda, Kol Laut (P) Trikora Harjo, mengatakan, pihaknya sudah mendapat tembusan surat Gubernur Jatim, Soekarwo, kepada pihak TNI AL.

Surat itu mempertanyakan kebenaran adanya perjanjian kerjasama penggunaan bandara lama untuk kepentingan PT Lion Mentari Airlines dengan pihak TNI AL.

Rencana itu diawali dengan perjanjian kerjasama antara Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) yang saat itu dijabat Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno dan Dirut PT Lion Mentari Airlines, Rusdi Kirana, di Aula Base Operasional Lanudal Juanda, 13 Mei 2009 silam.

Namun rencana kerjasama dengan pihak swasta ini sulit direalisasikan karena ternyata Pemprov Jatim memiliki penyertaan modal dalam pembangunan bandara lama Juanda.

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro

”Jadi kami sangat bersyukur mendengar kabar baik ini,” katanya, Kamis, 7 Oktober 2010.

Dengan kondisi semacam ini, Trikora berharap keberadaan Juanda lama bisa difungsikan lagi untuk mendukung Bandara Internasional Juanda yang kini overload. Bandara lama memiliki kapasitas menampung penumpang sebanyak 4-5 juta per tahun.

”Jadi tiap bulan di Juanda mencapai 900 ribu hingga 1 juta,” katanya.

Saat ini, jumlah penumpang yang memanfaatkan bandara baru mencapai 11 juta orang per tahun.

Padahal kapasitas Juanda baru hanya mampu menampung 6 juta penumpang saja. Jika bandara lama dioperasikan maka lonjakan penumpang bisa teratasi. Jika tak ada aral melintang, bandara lama bisa dimanfaatkan pertengahan 2011.(ywn)

Nani Mashita

Sekretaris Jenderal DPP PKS Habib Aboe Bakar

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Partai Keadilan Sejahtera, siap menggelar karpet merah untuk Prabowo Subianto, Presiden terpilih Pilpres 2024. Itu akan dilakukan jika Prabowo hadir di halal bi halal PKS

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024