BMKG Tangkis Isu Gempa Besar di Selatan Jawa

SMS Inbox
Sumber :
  • phonenumbers4u.co.uk

VIVAnews - Maraknya SMS palsu yang beredar tentang potensi gempa besar membuat Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) angkat bicara.

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep

Melalui situs resminya, BMKG menyiarkan pernyataan bahwa SMS yang mengklaim bahwa akan terjadi gempa besar antara tanggal 8-11, adalah tidak benar.

"BMKG menyatakan bahwa isu tersebut tidak benar dan menyesatkan," kata BMKG.

Pake Obat Kuat Malah Ga Berasa Apa-Apa di atas Ranjang, Kok Bisa? Begini Penjelasannya

Dalam SMS tersebut, dikatakan bahwa pada 8-10 Oktober 2010 akan terjadi gempa besar di Pantai Selatan Jawa dan Jakarta. SMS itu bahkan mengatasnamakan pegawai BMKG.

Masyarakat diimbau untuk waspada dan tak menanggapi isu itu. "Tidak ada pegawai BMKG yang pernah menyatakan akan terjadinya suatu gempa bumi besar ke depan dan tidak akan pernah, karena gempa bumi saat ini belum bisa diprediksi kapan akan terjadi."

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

Untuk itu, masyarakat yang menerima SMS semacam itu sebaiknya tidak menyebarkan SMS sesat tersebut kepada orang lain, tapi melaporkan kepada instansi yang terkait.

SMS-SMS berisi kabar bohong memang masih sering dijumpai di kalangan pengguna ponsel. Tak hanya menyebarkan isu berbau SARA, seringkali pesan-pesan SMS ini juga memanfaatkan kekhawatiran masyarakat terhadap bencana alam. (umi)

Mohamed Salah, Duel Liverpool vs West Ham United

Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

Duel West Ham United vs Liverpool dalam lanjutan Premier League matchday ke 35 di London Stadium, Sabtu 27 April 2024, pukul 18.30 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024