NASIONAL

Ribuan Warga Yogya Kirab Malam Satu Suro

Warga mengusung pusaka seperti keris, tombak, pedang, yang sebelumnya telah dimandikan.

ddd
Minggu, 28 Desember 2008, 22:34 Eko Priliawito
 
  (Antara/ Agus Bebeng)

VIVAnews -  Ribuan warga Yogyakarta memandati hampir seluruh jalan di Malioboro untuk mengikuti kirab budaya, untuk menanti tahun baru islam, atau yang biasa disebut oleh orang Jawa sebagai malam satu suro.

Dalam kirab "patok nagoro" ribuan warga berjalan dengan menggunakan pakaian adat Jawa,  sambil mengusung pusaka seperti keris, tombak, pedang, yang sebelumnya telah dimandikan.

Rute kirab dimulai dari Jalan Solo menuju Tugu Yogyakarta, kemudian melewati Jalan Mangkubumi, masuk ke Kota Baru dan kembali ke Jalan Solo, kemidan masuk ke arah Babasari, Sleman.

Dalam perjalan kirab itu masyarakat akan singgah di Tugu Yogyakarta dan mengelar doa, yang inti memohon harapan yang lebih baik di tahun baru mendatang.

Kirab juga akan diselingi dengan menyebar gunungan sesaji, yang biasanya akan menjadi perebutan warga yang menonton  kirab tersebut.

Pelaksanaa kirab juga mendapat pengawalan ketat dari petugas Polres Sleman dan Polwiltabes Yogyakarta. Arus lalu lintas juga akan dialihkan selama kirab berlangsung.

Laporan : Michael/ANTV Yogya

 

 



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com