Iklan Menhut Puji Reklamasi Newmont Digugat

Menhut Zulkifli Hasan mengelus burung Rangkong (Enggang) asal Kalimatan
Sumber :
  • Antara/ Saptono

VIVAnews - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia mengadukan iklan berjudul 'Menteri Kehutanan Puji Reklamasi Newmont' ke Badan Pengawas Periklanan Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI). Iklan yang terbit di sejumlah media massa nasional pada 18 Oktober 2010 itu dianggap melanggar etika.

Walhi mempersoalkan kutipan kalimat Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan yang tercantum di iklan milik PT Newmont Nusa Tenggara itu. Menurut mereka, iklan itu melanggar etika karena penggunaan pejabat negara untuk iklan yang bukan untuk kepentingan masyarakat luas.

"Iklan ini seolah menutupi informasi tentang kerusakan akibat limbah sisa tambang (tailing)," kata Direktur Eksekutif Walhi, Berry Nahdian Forqan, dalam siaran persnya, Selasa, 19 Oktober 2010. "Badan Pengawas Periklanan PPPI harus segera melakukan penyelidikan."

Kutipan kalimat Zulkifli Hasan yang digunakan dalam iklan itu: "Menurut Menhut (Menteri Kehutanan), pengelolaan tailing PTNNT juga tidak merusak lingkungan karena dialirkan ke palung laut yang dalam sehingga tidak menimbulkan pencemaran."

"Tidak nampak tanda-tanda tailing. Nelayan juga mencari ikan di situ. Sehingga apa yang dilakukan oleh Newmont bisa ditiru dan menjadi contoh pelaku-pelaku tambang yang lain. Ini menurut saya the best," kata Zulkifli di iklan itu.

Selain itu, Walhi juga mendesak Menteri Kehutanan agar menyatakan keberatan atas penggunaan kutipan itu. "Di Thailand seorang Perdana Menteri dijatuhkan parlemen karena menjadi pembawa acara memasak dalam stasiun televisi saat masih menjabat, dinilai berposisi ganda," Manajer Kampanye Walhi, Pius Ginting, menambahkan. (hs)

Labuan Bajo Siap Sambut Wisatawan! Temukan Peluang Baru di Webinar Outlook Kepariwisataan NTT
Ilustrasi Kelebihan dari Investasi Properti.

Beli Properti Bisa untuk Rumah Tinggal Sekaligus Investasi Jangka Panjang

Membeli properti, baik rumah atau pun tanah merupakan salah satu keputusan finansial terbesar dalam hidup seseorang dan memiliki potensi sebagai investasi jangka panjang

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024