Gunung Merapi Siaga, Wisata Kaliurang Ditutup

Gunung Merapi
Sumber :
  • Fajar Sodiq

VIVAnews - Sejak penetapan status Gunung Merapi dari waspada menjadi siaga, Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) menutup akses kunjungan wisata ke Kaliurang, Yogyakarta. Selain itu, jalur pendakian ke puncak Merapi juga ditutup.

Penutupan obyek wisata Kaliurang disertai surat edaran yang ditandatangani oleh Kepala BTNGM. “Surat edaran penutupan dan larangan pendakian mulai dikeluarkan hari ini yang ditujukan kepada warga masyarakat. Karena kondisi Merapi sudah membahayakan,” kata Kepala BTNGM Yogyakarta, Tri Prasetya kepada VIVAnews.com, Jumat, 22 Oktober 2010.

Pertimbangan penutupan obyek wisata Kaliurang berdasarkan penetapan status siaga Merapi oleh BPPTK Yogyakarta. Menurutnya, daerah rawan untuk dikunjungi adalah daerah dengan radius 6 kilometer (km) dari puncak gunung yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta ini.

Selain obyek wisata Kaliurang, penutupan juga dilakukan di jalur pendakian Selo, Boyolali, Jawa Tengah. “Larangan ini belum tahu sampai kapan akan dicabut. Mengingat kondisi Merapi saat ini masih berbahaya.

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool

Sementara itu, Palang Merah Indonesia (PMI) menyiagakan 175 relawan dari Kabupaten Magelang, PMI Kabupaten Klaten, dan PMI Kabupaten Boyolali. Sejauh ini para relawan memantau perkembangan status Gunung Merapi secara intensif.

”Pengamatan ini kita lakukan melalui Posko PMI di Kabupaten Magelang,” kata Staf Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Magelang, Arief Setyo Hadi dalam rilis yang diterima VIVAnews.

Sebanyak 70 relawan Satuan Penanganan Bencana (Satgana) PMI Kabupaten Magelang disiagakan jika sewaktu-waktu diperlukan. PMI Kabupaten Malang menyiagakan 18 relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) yang merupakan para warga yang tinggal di lokasi dekat Gunung Merapi.

PMI Kabupaten Klaten pada Kamis kemarin telah melakukan simulasi kesiapsiagaan bencana Gunung Merapi dengan melibatkan 400 peserta termasuk para warga. Dalam simulasi ini, warga dilibatkan dalam proses evakuasi ke lokasi-lokasi yang aman.

Para relawan ini nantinya diutamakan untuk membantu masyarakat, mulai dari proses evakuasi warga, memberikan layanan pertolongan pertama, membuka layanan dapur umum, dan layanan kesehatan pascabencana.


Laporan: Fajar Sodiq | Solo

VIVA Militer: Serangan rudal Iran menghantam pangkalan udara militer Israel

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Serangan mengejutkan dari Iran sebagai balasan terhadap Israel yang menyerang pangkalan militer Iran di Damaskus, Suriah, membuat dunia terkejut sekaligus meningkatkan es

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024