Gempa 7,2 Skala Richter

Prediksi: Tsunami Tiba di Padang Pukul 22.28

Peta bahaya gempa Indonesia terbaru tahun 2010.
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Pacific Tsunami Warning Center yang berpusat di Hawaii merilis potensi tsunami di pantai barat Sumatera tak lama setelah gempa berkekuatan 7,2 skala Richter terjadi. Namun lembaga ini menyatakan, informasi ini hanya saran kepada otoritas yang berwenang.

Pacific Tsunami Warning Center mencatat gempa pukul 21.42 ini sendiri bermagnitude 7,5 di kedalaman 33 kilometer. Sementara versi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika berkekuatan 7,2 skala Richter di kedalaman 10 kilometer.

Menurut lembaga pemantau tsunami ini, tidak akan terjadi tsunami berskala besar, berdasarkan sejarah gempa dan data tsunami. Namun, kemungkinan ada gempa lokal yang berdampak di kawasan yang berlokasi seratusan kilometer dari pusat gempa.

Tsunami lokal ini diperkirakan tiba di Siberut pada pukul 22.10, Bengkulu pada 22.27 dan Padang pada 22.28 Waktu Indonesia Barat.

Namun, seorang warga di Kota Padang, Puji, menyatakan sampai pukul 22.28, tidak terjadi tsunami yang dimaksud. "Alhamdulillah, cuma gempa kecil saja," katanya saat dihubungi VIVAnews.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...
Pertemuan Prabowo Subianto dengan Muhaimin Iskandar Usai Pemilu 2024

Prabowo Bertemu Cak Imin, PAN: Jangan Langsung Artikan PKB Sudah Pasti Gabung

Setelah penetapan KPU, Prabowo selaku Presiden terpiih mendatangi markas PKB untuk menemui Cak Imin. Elite pendukung Prabowo pun ikut merespons.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024