Di Hanoi, Presiden Rapat Bahas Bencana

Presiden Yudhoyono dalam pesawat menuju AS
Sumber :
  • ANTV/Uni Z Lubis

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terus mengikuti perkembangan bencana alam di tanah air, terutama terkait Gunung Merapi (DIY dan Jateng) dan tsunami di Mentawai (Sumatera Barat).

Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini

Selasa malam ini, 26 Oktober 2010, Presiden memimpin rapat koordinasi membahas hal tersebut dengan para menteri yang menyertai kunjungan ke Vietnam.

Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi mengatakan hal ini dalam keterangan pers usai mengikuti rapat koordinasi di lantai 29 Hotel Grand Plaza, Hanoi. Presiden SBY, kata Mensesneg, mendapatkan laporan bencana alam Gunung Merapi dan tsunami di Mentawai ini sebelum lepas landas dari Bandara Pudong Shanghai, Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

"Setelah tiba di Hanoi, Presiden menerima laporan dari Wapres Boediono dan Menko Kesra Agung Laksono," kata Sudi dilansir laman Presiden. "Khusus yang berkaitan dengan masalah Gunung Merapi untuk penyiapan pengungsian telah siap dan semua hal yang diperlukan telah dipersiapkan," Sudi menjelaskan.

Presiden SBY, lanjut Sudi, berharap para pengungsi Merapi mengikuti ketentuan atau peringatan petugas sehingga semua bisa berjalan dengan baik. Jika situasi membaik, pengungsi diizinkan kembali.

Mengenai bencana di Mentawai, Wapres melaporkan saat ini jumlah korban meninggal dan hilang belum dipastikan. "Karena memang komunikasi dengan Mentawai sampai dengan saat ini belum dapat berjalan," Sudi menambahkan.

Rabu besok pukul 08.00 WIB, Wapres Boediono dan menteri terkait akan berangkat ke Mentawai. Presiden SBY akan menerima perkembangan bencana dari Wapres setelah itu. "Kami harapkan komunikasi Wapres dari Mentawai dengan Presiden dapat berjalan dengan baik sehingga informasi tentang kejadian akan dapat diketahui delegasi Indonesia yang ada di Hanoi," ujar Mensesneg.

Melalui Mensesneg, Presiden SBY mengucapkan rasa bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas jatuhnya korban bencana Gunung Merapi maupun Mentawai. Presiden telah memberikan instruksi kepada Wapres Boediono dan menteri terkait, juga Badan Nasional Penggulangan Bencana (BNPB) untuk segara melakukan langkah-langkah tanggap darurat, seperti pengiriman logistik dan alat-alat kesehatan.

Presiden SBY sudah berkomunikasi dengan Presiden Vietnam Nguyen Minh Triet untuk tidak mengikuti jamuan kenegaraan yang akan dilakukan Rabu malam besok. "Presiden Vietnam menyampaikan simpati yang mendalam dan menyampaikan empatinya," kata Sudi.

Jadwal kunjungan Presiden di Vietnam akan disesuaikan dengan perkembangan kondisi tanah air. "Sejauh ini Wapres melaporkan semuanya masih dalam koordinasi Wapres dan berjalan dengan baik," kata Sudi. (umi)

Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono Putro

Arema FC Langsung Tatap Laga Lawan PSS 

Arema FC dalam catatan buruk di dua laga terakhir Liga 1. Teranyar mereka dipecundangi Persebaya Surabaya dengan skor 0-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024