Warga Mentawai Protes Marzuki Alie

Pelantikan Presiden : Marzuki Alie
Sumber :
  • Vivanews/ Tri Saputro

VIVAnews - Warga Mentawai yang tergabung dalam Gabungan Lembaga Swadaya Masyarakat Sumatera Barat Lumbung Derma menyampaikan protes keras terhadap Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzukie Ali.

Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

Protes keras ini muncul karena pernyataan keras Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Partai Demokrat ini terkait musibah tsunami yang menghantam Kepulauan Mentawai, Sumbar.

Dalam surat protes yang diterima VIVAnews.com, koalisi LSM ini menyatakan, mengutuk pernyataan Marzukie Alie yang terkesan mengabaikan sisi kemanusiaan. “Pernyataan Bapak tidak sedikitpun memperlihatkan simpati terhadap derita korban dan rasa keterancaman masyarakat di sekitar pantai,” kata Yosef Sarodog, Koordinator Lumbung Derma Peduli Mentawai, Kamis 28 Oktober 2010.

Koalisi ini menilai tanggapan Marzukie Alie yang dimuat sejumlah media online tidak pantas disampaikan oleh seorang ketua DPR.  Mereka menuntut Ketua DPR ini untuk meminta maaf kepada keluarga korban, masyarakat Mentawai dan seluruh masyarakat Indonesia yang tinggal di pesisir-pesisir pantai.

Marzukie mengomentari korban yang timbul akibat tsunami di Mentawai sebagai konsekuensi menetap di sana. “Mentawai kan jauh. Itu konsekuensi kita tinggal di pulaulah,” kata Marzuki di Gedung DPR seperti dikutip salah satu media online.

Ia mengatakan, siapa pun yang takut kena ombak jangan tinggal di pinggir pantai. “Sekarang kalau tinggal di Mentawai ada peringatan dini dua jam sebelumnya, sempat nggak meninggalkan pulau?”

Ruhut Sitompul kolega Marzukie Ali di partai Demokrat sempat meminta maaf atas ucapan petinggi partainya tersebut. "Statement sinis Marzuki Alie bagi masyarakat yang tinggal di pesisir saya rasa akan saya bawa dalam forum rapat DPP PD untuk mempermasalahkan statement beliau yang kerap kali merugikan," kata Ruhut. (hs)

Laporan Eri Naldi | Padang

Politikus PKS Imam Budi Hartono alias IBH.

Diusung PKS jadi Bakal Cawalkot Depok, Imam Budi Hartono: Kerja Berat Menanti Saya

Bagi Imam Budi Hartono alias IBH, diusung jadi bakal calon Wali Kota Depok sebagai amanah yang berat.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024