Krakatau Sudah Erupsi Sejak 3 Minggu Lalu

Anak Gunung Krakatau
Sumber :
  • volcano.si.edu

VIVAnews - Gempa  5,1 skala richter terjdi di Ujung Kulon di kedalaman 10 kilometer. Apakah gempa ini mempengarhui aktivitas Gunung Anak Krakatau yang berada di Selat Sunda?

"Nanti akan terlihat sekitar satu sampai dua hari. Posisi Ujung Kulon berada sekitar 150 kilometer," kata Kepala Sub Bidang Pengamatan Gunung Api Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana dan Geologi Kementerian ESDM, Agus Budianto, kepada VIVAnews.com, Kamis 4 November 2010.

Menurut Agus, saat ini memang aktivitas Anak Krakatau sedang tinggi-tingginya.  "Aktivitas Anak Krakatau ini sedang naik terus. Ada atau tidak ada gempa tektonik, aktivitasnya terus naik," kata dia.

Peningkatan aktivitas itu terlihat dari jumlah kegempaan sebanyak 200 kali untuk hari ini. Jumlah kegempaan itu menandakan jumlah letusan yang terjadi. Menurut Agus, sudah tiga minggu ini Anak Krakatau sedang erupsi atau meletus, mengeluarkan magma ke permukaan. Sebagian material yang dikeluarkan juga berupa letusan abu.

Karakteristik meletusnya gunung berapi atau erupsi itu ada dua kategori. Erupsi eksplosif yang berupa ledakan dan efusif yang hanya berupa lelehan lava. Sebagai gambaran, kondisi yang terjadi di Gunung Merapi merupakan erupsi eksplosif, sedangkan Anak Krakatau termasuk kategori erupsi efusif kombinasi eksplosif.

"Jika magma keluar dengan cepat dan kuat itu sifatnya eksplosif atau meletus. Kalau lambat, itu namanya erupsi efusif," jelas Agus. "Tinggi kolom letusan tertinggi di Krakatau saat ini pernah mencapai 1.500 meter."

Meski begitu, Agus menekankan bahwa kondisi Anak Krakatau masih stabil. "Selain letusan abu memang juga ada lava pijar. Tidak ada guguran lava. Ada sekitar 200 gempa letusan. Volumenya masih kecil," ujar dia.

Kendati demikian, saat ini belum bisa diketahui apakah gempa yang terjadi sekitar pukul 15.59 WIB itu, meningkatkan aktivitas Anak Krakatau atau tidak. "Bila jumlah letusannya meningkat drastis, maka gempa Ujung Kulon mempengaruhi Krakatau," ujar Agus. (umi)

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV
Tyas Mirasih.

Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Sambil menangis haru, Tyas Mirasih mengungkap kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina langsung di hadapan Raffi di sebuah acara.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024