Habibie: Obama Fokuskan Sumber Daya Manusia

Presiden Obama di kampus Universitas Indonesia (UI)
Sumber :
  • AP/Charles Dharapak

VIVAnews - Presiden Amerika Serikat Barack Obama hari ini memberikan pidato di Universitas Indonesia (UI). Pidato Obama itu pun mendapat pujian dari mantan Presiden BJ Habibie.

Habibie menilai pidato Obama lebih fokus kepada sumber daya manusia (SDM). Bahkan Habibie menilai Obama juga bicara tentang pentingnya perpaduan iman dan takwa (imtak) dengan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

"Yang sangat menarik pidato Obama dari awal sampai akhir itu mengenai SDM," kata Habibie usai pidato Obama di UI. "Dia juga cerita kerjasama imtak dan iptek," lanjutnya.

Dalam pidato itu, Obama memang mengatakan pentingnya demokrasi, pembangunan, dan agama. Ketiga hal itu dinilai Habibie sebagai contoh penggabungan Imtak dan Iptek.

"Imtak kan agama dan budaya. Iptek itu ilmu. Pidato tadi konsentrasi pada pengembangan SDM yang harus ditingkatkan. Itu berfungsi dengan ketiga elemen itu, budaya, agama, dan iptek," tutur Habibie.

"Jadi pidato tadi tidak membicarakan meningkatkan ekspor minyak atau gas. Tapi kaitannya dengan SDM," lanjut Habibie.

Apakah pidato 30 menit Obama tadi berdampak bagi pembangunan Indonesia? "Sangat berdampak," jawab Habibie.

Pidato Obama dinilai Habibie memiliki makna yang bisa dimengerti semua kalangan. Pidato itu pun secara tersirat memiliki makna yang dapat dimanfaatkan di masa mendatang.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Setelah memberikan kuliah umum di UI, Obama langsung bertolak ke Korea Utara untuk melanjutkan rangkaian kunjungan di Asia. (adi)

Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024