Empat Lembaga Bahas Pelesir Gayus ke Bali

Gayus Tambunan Bersaksi untuk Arafat
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Terdakwa kasus mafia pajak Gayus Halomoan Tambunan akhirnya mengaku dirinya keluar Rutan Markas Komando Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat untuk pelesir ke Bali menyaksikan ajang tenis internasional. Empat lembaga menggelar pertemuan khusus membahas peristiwa ini.

Pertemuan akan digelar pagi ini di Markas Besar Polri. "Jam 07.30 WIB pagi ini di ruang Kapolri," kata anggota Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum, Mas Ahmad Santosa kepada VIVAnews.com, Selasa 16 November 2010.

Empat lembaga yang akan berkumpul yakni dari Kementerian Hukum dan HAM, Kepolisian RI, Satuan Tugas (Satgas) Pemberantasan Mafia Hukum, dan Kejaksaan Agung. Belum diketahui siapa yang akan mewakili masing-masing institusi itu.

Seperti yang disampaikan kemarin, dalam pertemuan ini, Satgas dan Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar membahas prosedur tetap (protap) pengamanan di rumah tahanan. Satgas memberikan empat rekomendasi kepada Menkumham.

Pertemuan ini terkait kasus dengan mudahnya Gayus Tambunan keluar-masuk rumah tahanan yang dikepalai Komisaris Polisi Iwan Siswanto, yang kini telah menjadi tersangka kasus dugaan penyuapan oleh Gayus.

Satgas memberikan empat rekomendasi kepada Menkumham. Pertama, evaluasi pelaksanaan berbagai peraturan perundangan yang ada. Kedua, pengawasan rutan harus lebih diperketat. Antara lain dengan menambah jumlah petugas pengamanan dan pemasangan alat bantu seperti CCTV.

Ketiga, Satgas meminta cabang-cabang rumah tahanan agar dapat berada dalam kendali penuh Menkumham. Karena, selama ini masih ada rutan yang dikelola kepolisian dan kejaksaan, yang selama ini bertujuan untuk memudahkan proses hukum tersangka.

Keempat, Satgas mengatakan perlu untuk melakukan evaluasi mengenai siapa saja dan sampai berapa lama tahanan dapat ditahan di Rutan Brimob. Karena selama ini, Rutan Brimob dianggap tidak memiliki fungsi untuk mempermudah proses pemeriksaan. (hs)

Berikut Adalah Part Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Digunakan Mudik Lebaran
Kucing Okin Dikabarkan Mati

Nasib Tragis Kucing Okin: Dikabarkan Mati, Rachel Vennya Ungkap Fakta Mengejutkan!

Kucing Caracal bernama Nala dikabarkan telah mati, Kamis 28 Maret 2024. Kucing ini dipelihara oleh Okin atau dikenal sebagai Niko Al Hakim, mantan suami Rachel Vennya

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024