Ribuan Orang Antre Daging Kurban di Istiqlal

Antre Daging Kurban di Masjid Istiqlal
Sumber :
  • Antara/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Pembagian daging hewan kurban di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, sempat ricuh. Pembagian 5.000 kupon daging itu memang sudah ditunggu ribuan orang.

Pengelola Masjid Istiqlal sudah membuka  lima loket antrean di tiga pintu utama, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Kamis 18 November 2010. Warga sudah mulai antre semenjak pukul 05.00 WIB.

Mereka masuk lewat pintu utama. Di dalam area kompleks Masjid Istiqlal, warga mengantre untuk mendapatkan kupon. Karena padatnya antrean, beberapa warga sempat khawatir tidak mendapatkan jatah hewan kurban.

Sempat terjadi suasana tegang. Warga  saling dorong. Pembatas antrean di sebelah kanan dan kiri terhempas akibat dorongan massa. Panitia pun menenangkan dengan mengumandangkan takbir "Allah Akbar," berulang-ulang. Panitia kemudian menenangkan warga dan meyakinkan bahwa daging kurban masih sangat banyak.

Antrean terus bertambah dan mulai bertumpuk di depan pagar masjid. Petugas mulai mencairkan antrean dengan membuat barisan baru. Suasana sedikit terkendali. Dalam pembagian daging kurban ini, terlihat sekitar 50 personel polisi huru-hara berjaga-jaga.

Sistem pembagian kurban di Istiqlal ini seperti cara Pemilu. Setelah mendapatkan kupon, panitia akan menandai tangan warga dengan tinta, dan kemudian langsung mendapatkan daging kurbannya. Jika sudah mendapatkan daging kurban, masyarakat diminta untuk langsung meninggalkan kawasan Masjid Istiqlal. Ini untuk menghindari warga yang dua kali mendapat jatah daging.

Panitia menyembelih 17 ekor sapi dan 318 ekor kambing. Satu ekor sapi kurban merupakan Hewan kurban itu adalah sumbangan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Jumlah ini menurun dibanding tahun lalu, dengan 24 ekor sapi dan 318 ekor kambing.

Kutukan Sungkyunkwan Scandal: 5 Pemerannya Terjerat Kontroversi Bertubi-tubi!
Febri Diansyah dan Rasamala Usai Diperiksa Penyidik KPK

Jaksa KPK Panggil Febri Diansyah dkk ke Sidang SYL, Ini Alasannya

Jaksa KPK akan memanggil Febri Diansyah dkk dalam sidang kasus dugaan pemerasan dan gratifikasi di Kementerian Pertanian (Kementan) dengan terdakwa mantan Mentan SYL.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024