Pagi Ini, Awan Pekat ke Luar dari Kawah Bromo

Aktivitas Gunung Bromo meningkat
Sumber :
  • ANTARA/Musyawir

VIVAnews -- Meski belum beranjak dari status Awas, pagi ini Gunung Bromo masih relatif tenang.

Petugas pengamatan pos pantau di Desa Ngadisari, Sikapura, Probolinggo, Ahmad Subhan mengatakan, perkembangan terakhir tremor amplitudo berkisar antara 3 sampai 5 milimeter.

"Untuk gempa vulkanik terjadi 11 kali," kata dia saat dihubungi VIVAnews, Kamis 25 November 2010.

Sementara, berdasarkan pengamatan secara visual, terlihat hembusan awan putih pekat dengan kecepatan sedang.

"Tingginya antara 150 sampai 200 meter. Asap bertiup dari atas bibir kawah ke arah selatan," tambah dia.

Saat ini, kata Ahmad, status Bromo masih Awas. "Warga dan pengunjung atau wisatawan dilarang mendekat ke radius 3 kilometer dari kawah," tambah dia.

Dalam waktu kurang dari 24 jam, status Bromo naik dua tingkat, Waspada jadi Siaga, lalu naik ke level tertinggi, Awas, pada Selasa 23 November 2010 pukul 23.00 WIB. Kenaikan status Bromo lebih cepat dibandingkan Merapi. Butuh empat hari bagi Merapi sebelum mencapai level Awas, pada 25 Oktober 2010.

Dosen Pasca Sarjana Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, dan peneliti di Pusat Studi Kebumian dan Bencana, Dr Putu Artama mengatakan secara karakteristik, Bromo beda dengan Merapi.

"Jika terjadi letusan, material yang dimuntahkan pasir dan abu dengan kisaran radius 6 sampai 10 kilometer," terang Dr Putu Artama kepada VIVAnews.com.

Itu, berbeda dengan material yang dimuntahkan Gunung Merapi yang berupa lava pijar dan bebatuan. Juga awan panas 'wedhus gembel'.

Dan, Bromo juga terbentengi oleh lautan pasir. Seperti diketahui, topografi Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.

"Yang membayakan itu adanya semburan berwarna kekuningan, karena itu kandungan belerang dan sangat berbahaya jika terhirup," tegas Putu Artama.

Laporan: Tudji Martudji| Surabaya

Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping
Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari menyampaikan hasil survei.

Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini

Qodari mengatakan jika Paslon 01 dan 03 serius, seharusnya mereka ajukan gugatan pencalonan Gibran ke PTUN sejak awal saat pendaftaran peserta Pilpres 2024 ditetapkan KPU

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024