Jalan Padjajaran Bandung Amblas 7 Meter

Jalan RE Martadinata, Jakarta Utara, amblas
Sumber :
  • Twitter TMC Polda Metro Jaya

VIVAnews - Jalan Padjajaran, Kelurahan Arjuna, Kecamatan Cicendo amblas sedalam tujuh meter. Lokasi amblas persis di atas Sungai Citepus yang mengalir di bawahnya. Amblasnya jalan ini membentuk diameter 6x6 meter.

Jembatan yang sudah ada sejak zaman Belanda ini amblas kira-kira pukul 13.00 WIB, Jumat 26 November 2010. Penyebabnya diduga akibat gerusan air sungai.

Saksi mata, Nenden (42), warga Jalan Pajajaran  RW 02 RT 06, Kelurahan Arjuna, Kecamatan Cicendo ini mengungkapkan, jembatan tersebut amblas setelah hujan deras yang mengguyur Kota Bandung sejak pukul 12.00 WIB.

“Sekitar pukul 13.50 WIB, orang-orang pada ribut, ketika saya lihat rupanya jalan beton di atas sungai sudah amblas,” ungkapnya.

Ia menambahkan, jalan tersebut amblas disertai suara seperti longsor dan diduga karena terlalu banyak menampung genangan air hujan.

"Sebelum amblas, jembatan tersebut sempat bolong sebesar satu meter jadi sudah selama dua minggu," katanya.

Nenden mengaku, warga sudah sempat menghubungi Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung, namun tidak ada tanggapan.

"Karena tidak ditanggapi akhirnya secara inisiatif, warga melokalisir jalan itu pakai ban dan kursi bekas buat antisipasi supaya tidak celaka," paparnya.

Sementara itu ditemui di lokasi yang sama, Kasatlantas  AKBP, Sambodo membenarkan amblasnya jembatan Sungai Citepus ini terjadi setelah hujan deras sekitar pukul satu siang tadi. Menurutnya, amblasnya jembatan tersebut diakibatkan oleh derasnya aliran Sungai Citepus setelah hujan.

“Amblasnya jembatan diakibatkan oleh gerusan air dari aliran deras Sungai Citepus setelah hujan deras tadi, dan kejadian ini juga meninggalkan lubang dengan kedalaman sekitar tujuh meter dengan diameter kurang lebih sekitar enam meter,” ungkapnya.

Akibat peristiwa tersebut menimbulkan kemacetan, Sambodo mengaku untuk mengatasi hal tersebut jajarannya merubah arus lalu lintas dengan sistem buka tutup.

"Kita pakai sistem buka tutup, jadi dari arah padjajaran dan baladewa dilarang belok kanan untuk sementara, karena lubangnya separuh jalan," pungkasnya.  (sj)

Laporan: DHR | Bandung

Jasad Nenek dan Cucu Korban Longsor di Bandung Barat Ditemukan Saling Berpelukan
Nyamuk bionik Wolbachia

Nyamuk Wolbachia Melawan DBD! Menkes Ungkap 5 Wilayah di Jawa yang Sudah Terbebas

 Implementasi teknologi nyamuk wolbachia  merupakan salah satu cara untuk menghambat perkembangan virus dengue penyebab kasus demam berdarah atau DBD.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024