Buya Maarif Terima Habibie Award

Jusuf Kalla dan Ahmad Syafii Maarif
Sumber :
  • Antara/ Saptono

VIVAnews - Dua tokoh keagamaan, Ahmad Syafii Maarif dan Frans Magnis-Suseno mendapatkan penghargaan Habibie Award. Keduanya dinilai telah berkontribusi pada upaya penciptaan kerukunan umat beragama di Indonesia.

Buya Maarif dan Romo Magnis meraih penghargaan yang baru dihadirkan yakni dalam bidang Khusus Harmonisasi Kehidupan Beragama. Dewan juri menilai kedua tokoh lintas agama ini berhasil memadukan filsafat, agama, kebudayaan, dan kemanusiaan sebagai spirit membangun harmoni bangsa.

Direktur Eksekutif MAARIF Institute, Fajar Riza Ul Haq, menyatakan penghargaan untuk Buya Syafii ini merupakan apresiasi terhadap konsistensi mantan Ketua PP Muhammadiyah ini dalam memperjuangkan toleransi dan kerjasama lintas agama di Indonesia.

"Kami sangat menghargai pengakuan Dewan Juri terhadap komitmen dan perjuangan Buya Syafii Maarif. Pada tahun 2008 beliau juga menerima Ramon Magsaysay Award atas kontribusinya mendiseminasikan toleransi dan pluralisme di kalangan masyarakat Muslim," kata Fajar dalam keterangannya yang diterima VIVAnews, Senin 29 November 2010.

Menurut Fajar, kehadiran Buya Syafii dalam jajaran Habibie Award ini tidak hanya mengokohkan pengakuan publik terhadap Pendiri MAARIF Institute ini. Namun juga semakin menegaskan pentingnya merawat harmoni di tengah ancaman terhadap pluralisme.

Penghargaan Habibie Award 2010 sendiri akan diberikan secara resmi Selasa 30 November 2010 di Jakarta. Wakil Presiden Boediono dijadwalkan hadir dalam acara penganugerahan tersebut.

Harley-Davidson Dapat Saingan Baru dari China
Polisi di lokasi kecelakaan beruntun di Tol Sumo, Jawa Timur. (PJR Ditlantas Polda Jatim)

7 Mobil Kecelakaan Beruntun di Tol Surabaya-Mojokerto, Bayi 7 Bulan Luka

Kecelakaan diduga karena pengemudi tak konsentrasi.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024